Peranan KH. Mochammad Sabiq Suryanto Amin dalam memajukan pondok pesantren Manarul Quran desa Paciran-Lamongan tahun 2002-2019 M.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Melita Tri (2020) Peranan KH. Mochammad Sabiq Suryanto Amin dalam memajukan pondok pesantren Manarul Quran desa Paciran-Lamongan tahun 2002-2019 M. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Melita Tri Rahmawati_A92216130.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan historis deskriptif. Melalui pendekatan ini penulis berusaha mendeskripsikan tentang biografi KH. Sabiq Amin mulai dari masa kecilnya hingga menjadi pendiri sekaligus pengasuh serta peranannya dalam memajukan Pondok Manarul Quran. Adapun teori yang digunakan adalah teori peran oleh Sarjono Sukamto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah dengan menempuh beberapa tahapan, yakni: heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) KH. Sabiq Amin lahir di Desa Tunggul-Paciran pada tahun 1942. Beliau adalah putra ketiga dari pasangan Kyai Amin Tunggul dengan Nyai Aminah. Pak Sabiq Amin adalah pendiri dari Pondok Pesantren Manarul Quran Paciran-Lamongan. 2) Pondok Pesantren Manarul Quran adalah Pondok yang didirikan pada tahun 2002. Ada beberapa tokoh yang berperan dalam pendirian Pondok ini, diantaranya : Pihak keluarga (terutama istri dan putra-putrinya), Santri-santri beliau pada saat beliau masih berkiprah di Pondok Al-Amin Tunggul dan Pondok Pesantren Karangasem Muhammadiyah Paciran, Masyarakat sekitar yang mendukung, dan masih banyak lagi. Sejak awal berdiri hingga sekarang Pondok Pesantren Manarul Quran mengalami perkembangan yang sangat pesat terutama di bidang pendidikan dan ekonomi. 3) Kiat-kiat KH. Moch. Sabiq Amin dalam memajukan Pondok Pesantren Manarul Quran dari tahun 2002-2019 terbagi menjadi 3 yakni : Kiat-kiat dalam merekrut calon santri, kiat-kiat dalam menggali dana, dan kiat-kiat dalam meningkatkan mutu santri, pesantren juga pengajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Melita Trimelitatrirahmawati621@gmail.comA92216130
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhdi, Achmadzuhdidh@gmail.com2011106101
Subjects: Pesantren
Keywords: Peranan KH. Mochammad Sabiq Suryanto Amin.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Melita Tri Rahmawati
Date Deposited: 19 Sep 2020 04:17
Last Modified: 19 Sep 2020 04:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44085

Actions (login required)

View Item View Item