Peran Banser dalam menjaga toleransi umat beragama : studi pada banser kota Mojokerto tahun (2000-2019)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mutiah, Imroatul (2020) Peran Banser dalam menjaga toleransi umat beragama : studi pada banser kota Mojokerto tahun (2000-2019). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imroatul Mutiah_A02216017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini menggunakan kajian lapangan dan kajian pustaka dengan pendekatan sosiologi dan historis. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini yakni dengan teori Ashabiyah Ibnu Khaldun dan teori peran Kahn et al. Pada tahun 1964, Banser dibentuk sebagai pasukan khusus dari GP Ansor dengan susunan regu, peleton, kompi, dan batalyon. Banser yang terbentuk pada masa kerusuhan PKI tersebut mengawal untuk keselamatan para kiai dan ulama NU. Dengan seiring berkembangnya zaman, tugas Banser pun berkembang tidak hanya sebagai pengawal kiai dan ulama NU.Dari penelitian yang telah diteliti, permasalahan yang dipaparkan memiliki jawaban sebagai berikut. Banser didirikan pada tahun 1964 di Blitar atas usulan M.Z. Kayubi yang sebelumnya telah memiliki cikal bakal yakni Banoe. Banser merupakan bagian dari NU yang keduanya berpahamkan Ahlussunnah Wal Jamaah dan terdapat tasamuh yang dilihat sebagai Ukhuwah Insaniyah dan Ukhuwah Wathaniyah. Banser Kota Mojokerto yang pernah mengalami kevakuman tetap memiliki peranannya dalam toleransi pada tahun 2000-2019 yakni pengamanan tempat ibadah dan hari besar keagamaan, diskusi lintas agama, haul Riyanto, membuat rumah toleransi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mutiah, Imroatulmeutia_nurmataliza@yahoo.comA02216017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Abd.abdulazizmedan@yahoo.com2003015501
Subjects: Sejarah > Sejarah Indonesia
Islam dan Humanisme
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Banser; Toleransi.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Imroatul Mutiah
Date Deposited: 09 Sep 2020 07:33
Last Modified: 09 Sep 2020 07:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43767

Actions (login required)

View Item View Item