Pemberdayaan ekonomi wirausaha melalui penguatan kapabilitas keluarga petani Kacang Hijau di Desa Pambusuang Kecamatan Balanipa Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aljufri, Ahmad Fadhil (2020) Pemberdayaan ekonomi wirausaha melalui penguatan kapabilitas keluarga petani Kacang Hijau di Desa Pambusuang Kecamatan Balanipa Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Fadhil Aljufri_B52216065.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghubungkan antara aset dan harapan yang diinginkan. Subjek pendampingan adalah keluarga petani kacang hijau di desa Pambusuang. Pendekatan ABCD ini mengutamakan aset pada masyarakat. Konsep pemberdayaan ini melihat gelas setengah terisi dan fokus pada isinya. Lokasi pada penelitian ini berada di desa Pambusuang. Data pada penelitian ini didapatkan dari observasi, FGD, dan wawancara. Penelitian ini memfokuskan pada aset alam yaitu kacang hijau dan keterampilan mengolahnya. Analisis keberhasilan program, pada penelitian ini menggunakan leaky bucket dan tabel perubahan. Bersadarkan data yang didapat, kacang hijau merupakan salah satu aset alam yang berlimpah. Melalui kedua aset ini, masyarakat ingin mewujudkan harapannya. Dari pendampingan yang dilakukan, terdapat beberapa perubahan. Yaitu, pengetahuan cara menentukan harga penjualan, dan perluasan jaringan pemasaran produk. Selain itu, keluarga petani kacang hijau merasakan peningkatan laba setelah adanya pendampingan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aljufri, Ahmad Fadhilfadhilaljufry61@gmail.comB52216065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, Chabibchabib.musthofa@uinsby.ac.id2030067902
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Wirausaha
Keywords: Pemberdayaan ekonomi wirausah;, Aset; Peningkatan Kapabilitas
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ahmad Fadhil Aljufri
Date Deposited: 01 Sep 2020 11:02
Last Modified: 01 Sep 2020 11:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43182

Actions (login required)

View Item View Item