Pengorganisasian kelompok pembudidaya ikan untuk membebaskan diri dari belenggu ketergantungan pada tengkulak di Dusun Balowono Desa Wonomlati Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohman, Muhammad Nurur (2020) Pengorganisasian kelompok pembudidaya ikan untuk membebaskan diri dari belenggu ketergantungan pada tengkulak di Dusun Balowono Desa Wonomlati Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Nurur Rohman_B02216039.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan upaya perubahan pada kelompok pembudidaya ikan “Mina Mlati Makmur” agar mereka lebih mandiri, sehingga tidak bergantung pada tengkulak yang menyebabkan perekonomian dan kesejahteraan mereka mengalami keterpurukan. Untuk menjelaskan persoalan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan dan metodologi PAR (Participatory Action Research) dalam bingkai teori pengorganisasian masyarakat, ekonomi kreatif dan dakwah dalam perpsektif pengorganisasian masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelompok pembudidaya ikan merespon persoalan ketergantungan tengkulak melalui aspek keterampilan dengan pelatihan pemijahan dan pengolahan ikan, aktifitas perubahan dari internal kelompok dengan penguatan kapasitas dan pelatihan pemasaran serta membentuk kelompok usaha koperasi sebagai wadah pengembangan usaha bersama. Aspek partisipasi kelompok lebih kuat dalam ekonomi kreatif sehingga memunculkan ide baru yang memberikan dampak sosial positif, kreatif serta inovatif. Seperti yang telah disampaikan dalam firman Allah SWT “janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman. (Q.S. Ali Imron: 139)”.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohman, Muhammad Nururnururrohman63@gmail.comB02216039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAfandi, Agusagusafandi66@gmail.com2006116602
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Masalah sosial
Pemberdayaan
Keywords: Pengorganisasian kelompok pembudidaya ikan; Belenggu tengkulak; Ekonomi kreatif.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Muhammad Nurur Rohman
Date Deposited: 12 Aug 2020 12:52
Last Modified: 12 Aug 2020 12:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42228

Actions (login required)

View Item View Item