Internalisasi nilai-nilai karakter di Pondok Pesantren Al-Hikam Kalisari Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sandy, Dimas Pratama (2020) Internalisasi nilai-nilai karakter di Pondok Pesantren Al-Hikam Kalisari Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dimas Pratama Sandy_D91216051.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dewasa ini, pendidikan karakter memang sudah tidak asing lagi. Sejatinya, pendidikan karakter menjadi perhatian yang utama dalam pendidikan anak. Dalam rangka membentuk karakter anak maka diperlukan adanya pola asuh yang baik sejak dini kepada anak. Tentunya peran pendidik serta orang tua menjadi sangat penting. Hal ini juga tidak terpisahkan antara kedua peran tersebut. Berbeda ketika seorang anak dipesantren, pembentukan karakter anak sangat bergantung pada pola asuh yang ada di dalam lingkungan pesantren tanpa banyak campur tangan orang tua di dalamya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan dari rumusan masalah yang meliputi: 1) Bagaimana internalisasi nilai-nilai karakter yang ada di Pondok Pesantren Al-Hikam Kalisari Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro. 2) Apa faktor-faktor yang mempengaruhi internalisasi nilai-nilai karakter yang dilakukan di Pondok Pesantren Al-Hikam Kalisari Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan metode wawancara, studi dokumentasi, dan observasi. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display (tampilan) data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil yang didapat, internalisasi nilai-nilai karakter di Pondok Pesantren Al-Hikam Kalisari Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro berjalan dengan baik dengan melalui tiga tahapan. Tahapan pertama adalah tahap transformasi nilai (pemahaman). Tahapan kedua yaitu tahap transaksi nilai (penerapan). Selanjutnya, tahapan ketiga adalah tahap transiternalisasi (penghayatan). Terdapat beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi beberapa pendukung dan penghambat dalam internalisasi yang didasari oleh faktor internal santri, lembaga, dan faktor eksternal lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sandy, Dimas Pratamapratamasandydimas@gmail.comD91216051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbitolkha, Amir Malikiamir.abitolkha@gmail.com2008117102
Thesis advisorSyamsudin, Syamsudinsyamsudinuinsby@gmail.com2012096702
Subjects: Pesantren
Keywords: Internalisasi; Nilai-nilai Karakter; Pondok Pesantren.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dimas Pratama Sandy Dimas
Date Deposited: 19 Aug 2020 06:59
Last Modified: 19 Aug 2020 06:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42222

Actions (login required)

View Item View Item