Persepsi pendidikan dan kesejahteraan masyarakat Desa Jabung Wetan Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo: kajian humanisme Paulo Freire

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'diyah, Diyah Halimah (2020) Persepsi pendidikan dan kesejahteraan masyarakat Desa Jabung Wetan Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo: kajian humanisme Paulo Freire. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Diyah Halimah Sa'diyah_I73216040.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pendidikan untuk seluruh lapisan masyarakat. Pemerintah menyiapkan anggaran untuk kebutuhan pendidikan demi generasi bangsa yang siap menghadapi perkembangan dunia, masyarakat Desa JabungWetan merupakan daerah dengan potensi agraris namun tidak seluruh masyarakat merupakan pemilik lahan atau buruh tani, maka masyarakat harus berjuang untuk memenuhi kebutuhan pokok dan kebutuhan pendidikan anak sebagai bekal masa depan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini: Pertama, Bagaimana persepsi masyarakat Desa Jabung Wetan Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo tentang pendidikan dan kesejahteraan? Kedua Bagaimana upaya masyarakat Desa Jabung Wetan mengarahkan anak pada pendidikan, apakah kesejahteraan masyarakat adalah faktor pendukung lingkungan sosial anak sekolah, di Desa Jabung Wetan Kecamatan Paiton Probolinggo? Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif dengan pendekatan fenomenologi teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi, menggunakan teori Humanisme Paulo Freire tentang kesadaran masyarakat akan pendidikan, menurut Freire masyarakat mengalami keterbelakangan dunia karena tidak setaranya pendidikan yang diperoleh masyarakat maka dengan pendidikan masyarakat, mampu keluar dari masalah sosial yang membelenggunya. Hasil penelitian memperoleh data persepsi masyarakat bahwa: Pertama Persepsi pendidikan dipengaruhi oleh keadaan masyarakat, pengalaman yang menyadarkan dan lingkungan sosial masyarakat. Kedua Sejahtera menurut masyarakat adalah keadaan cukup dalam ranah ekonomi, dan merupakan hal-hal yang didapat setelah diupayakan, umumnya sejahtera mempengaruhi pendidikan untuk anak, namun juga terdapat asumsi budaya masyarakat lama yang ikut mempengaruhi, termasuk pada masyarakat rentan ekonomi. Ketiga kebijakan pemerintah dalam hal bantuan pemenuhan pendidikan masyarakat mengubah pola pikir masyarakat. Keempat keluarga yang sadar pendidikan menciptakan lingkungan dengan nilai pendidikan dan membentuk kedisiplinan anak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'diyah, Diyah Halimahdiyah14alhalimah@gmail.comI73216040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIsmail, Muchammadismail.muchammad@gmail.com2003058001
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Pendidikan
Pendidikan > Perilaku
Keywords: Kesejahteraan; Humanisme; Paulo Freire
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Diyah Sa'diyah
Date Deposited: 06 Aug 2020 06:33
Last Modified: 06 Aug 2020 06:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42152

Actions (login required)

View Item View Item