Pengaruh pengetahuan kewirausahaan, norma subjektif dan sosio demografi terhadap minat berwirausaha para santri Pondok Pesantren Fathul 'Ulum Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nikmah, Lailatun (2020) Pengaruh pengetahuan kewirausahaan, norma subjektif dan sosio demografi terhadap minat berwirausaha para santri Pondok Pesantren Fathul 'Ulum Jombang. Engd thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatun Nikmah_G04216040.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha para santri di pondok pesantren fathul ‘ulum jombang (2) Pengaruh norma subjektif terhadap minat berwirausaha para santri di pondok pesantren fathul ‘ulum jombang (3) Pengaruh sosio demografi terhadap minat berwirausaha para santri di pondok pesantren fathul ‘ulum jombang. Data penelitian dihimpun melalui angket yang disebarkan kepada santri yang berada di Pondok Pesantren Fathul ‘Ulum Jombang. Selanjutnya dianalisis menggunkan statistik partial least squares dengan bantun smartPLS0.3 for windows. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, untuk mengetahui pengaruh dari pengetahuan kewirausahaan, norma subjektif, dan sosio demografi terhadap minat berwirausaha para santri, maka digunakan analisis Partial Least Squares, jumlah sampel pada penelitian ini adalah 134 santri. Untuk pengujian analisis data menggunakan evaluasi model struktural dan evaluasi model pengukuran. Hasil perhitungan PLS menunjukkan bahwa koefisien hasil pengujian hipotesis (path modeling) pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha dengan nilai T-Statistic sebesar 8,281 dan nilai P-value sebesar 0.000, nilai p-value berada di angka yang lebih kecil dari 0,05 atau 5%, sehingga hipotesis adanya pengaruh pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha diterima. Sedangkan hipotesis adanya pengaruh norma subjektif terhadap minat berwirausaha nilai T-Statistic sebesar 2,457 dan nilai P-value sebesar 0.014, sehingga hipotesis kedua adanya pengaruh norma subjektif terhadap minat berwirausaha diterima. Dan hipotesis adanya pengaruh sosio demografi terhadap minat berwirausaha dengan nilai T-Statistic 2,182 P-value 0.030, sehingga hipotesis ketiga adanya pengaruh sosio demografi terhadap minat berwirausaha dapat diterima. Dengan melihat hasil koefisien determinasi (R-Square) sebesar 0.432 yang artinya variabel minat berwirausaha dipengaruhi pengetahuan kewirausahaan, norma subjektif, dan sosio demografi sebesar 43,2%, sedangkan 56,8% lainnya dipengaruhi oleh variabel atau faktor di luar penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Engd)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nikmah, Lailatunlailatunnikmah20@gmail.comG04216040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRitonga, Iskandariskandarritonga@yahoo.com2015066502
Subjects: Ekonomi Islam
Pesantren
Wirausaha
Keywords: Kewirausahaan; Norma Subjektif; Sosio Demografi; Minat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Lailatun Nikmah
Date Deposited: 05 Aug 2020 13:54
Last Modified: 05 Aug 2020 13:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42137

Actions (login required)

View Item View Item