Analisis maslahah mursalah dalam pengelolaan wisata religi Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban terhadap kesejahteraan ekonomi warga sekitar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosidah, Inayatur (2020) Analisis maslahah mursalah dalam pengelolaan wisata religi Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban terhadap kesejahteraan ekonomi warga sekitar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Inayatur Rosidah_G94216172.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “ Analisis Mas{lah{ah mursalah dalam Pengelolaan Wisata Religi Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban terhadap Kesejahteraan Ekonomi Warga Sekitar” ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan wisata ditinjau dari Mas{lah{ah mursalah serta dampak dari pengelolan tersebut terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, yang mana proses pencarian datanya melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode ini dipilih agar data penelitian bersifat mendalam dan menyeluruh mengenai Mas{lah{ah Mursalah pengelolaan wisata religi Masjid Aschabul Kahfi dan dampaknya teradap kesejahteraan ekonomi masyarakat sekitar. Data penelitian tersebut kemudian dihimpun dan selanjutnya dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dampak dari adanya wisata ini sangat menguntungkan bagi masyarakat sekitar, wisata masjid Aschabul kahfi ini memberi dampak positif bagi masyarakat sekitar seperti penyerapan tenaga kerja, peningkatan pendapatan masyarakat dan memebuka peluang bagi masyarakat untuk berwirausaha sehingga dampak positif tersebut dapat menjadikan kondisi masyarakat sekitar sejahtera baik sejahtera dari segi materi maupun kesejahteraan ruhaniyah. Dari hasil wawancara diperoleh data bahwa dengan berjualan disana, selain dapat memenuhi kebutuhan primer mereka juga dapat memenuhi kebutukan sekunder. Pengelolaan wisata religi ini dilihat dari tiga aspek Mas{lah{ah. Pertama, Mas{lah{ah D}horuriyah. Kedua, Mas{lah{ah H}ajjiyah. Dan ketiga, Mas{lah{ah Tah}siniyah. Berdasarkan kesimpulan di atas, adapun saran yang dapat disampaikan kepada pengelola yaitu akan lebih baik jika mereka mengelola dengan melibatkan pemerintah kota agar wisata ini dapat dipublikasikan serta dipromosikan keberadaanya. Dengan begitu akan semakin banyak lagi masyarakat yang datang dan menikmati keindahan dari wisata ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosidah, Inayaturinayatur.rosyida@gmail.comG94216172
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhozali, Muhammad Lathoifmuhammadlathoif@gmail.com2003117501
Subjects: Ekonomi Islam
Kesejahteraan Sosial
Keywords: Maslahah mursalah; Wisata Religi; kesejahteraan Ekonomi.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Inayatur Rosidah
Date Deposited: 27 Jul 2020 08:54
Last Modified: 27 Jul 2020 08:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/41963

Actions (login required)

View Item View Item