Konstruksi sosial Desa Kristen Suwaru Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sofiyati, Hidayatis (2019) Konstruksi sosial Desa Kristen Suwaru Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hidayatis Shofiyati_E02216010.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Peneliti melakukan penelitian tentang konstruksi sosial Desa Kristen Suwaru di Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang dengan tujuan untuk mengetahui pembentukan atau konstruksi Desa Kristen Suwaru. Dimana Suwaru dibangun oleh salah satu toko pekabar injil dari Mojowarno Jombang yang kemudian datang ke Malang untuk membuka pemukiman dengan tujuan untuk menyebarkan Injil. Peneliti tertarik untuk meneliti Desa Kristen Suwaru karena dari segi fisik desa Suwaru terlihat berbeda dari desa lainnya. Suwaru menjadi Desa Kristen pertama kali yang terbentuk di Kota Malang. Maka dari itu peneliti mengambil teori konstruksi sosial Peter L Berger dan Thomas Luckmann dengan tiga momen ialah eksternalisasi, objektivasi dan internalisasi. Peneliti menemukan terkait penduduk Suwaru bahwa di desa tersebut terdapat penduduk Kristen dan penduduk Muslim. Peneliti melakukan survei ke lapangan dengan menemukan perbedaan agama, dimana ada dua agama yang berbeda dalam satu ruang lingkup. Penduduk Kristen memperlakukan penduduk Muslim sama halnya dengan memperlakukan sesama agama, maka penduduk Muslim pun ikut memperlakukan dengan baik kepada penduduk Kristen. Dalam penelitian ini maka memiliki tujuan untuk menguraikan atau menjelaskan masyarakat dalam mengkonstruksi Desa Kristen Suwaru dan untuk mengetahui penduduk Muslim menyikap penduduk Kristen di Desa Kristen Suwaru. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualiatif dengan pendekatan antropologis karena memahami manusia tentang asal-usul, budaya dan fenomena di masa lampau atau sejarah. Metode pengumpulan data, peneliti menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sofiyati, Hidayatisshofi2502@gmail.comE02216010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasruddin, Nasruddinnasruddin@uinsby.ac.id2003087301
Thesis advisorSiddiq, Akhmada.siddiq@uinsby.ac.id2009087702
Subjects: Hubungan Masyarakat
Kesejahteraan Sosial
Sejarah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Hidayatis Sofiyati
Date Deposited: 26 Feb 2020 04:35
Last Modified: 28 Feb 2020 00:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39170

Actions (login required)

View Item View Item