Motivasi tradisi pembacaan surat al waqi‘ah: studi Living Qur’an di Pesantren Tahfidh Salafiyah Shafi‘Iyah Desa Klinterejo Kecamatan Sooko Kab. Mojokerto Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muaffa, Ali (2019) Motivasi tradisi pembacaan surat al waqi‘ah: studi Living Qur’an di Pesantren Tahfidh Salafiyah Shafi‘Iyah Desa Klinterejo Kecamatan Sooko Kab. Mojokerto Jawa Timur. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ali Muaffa_F02516111.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39023

Abstract

Di PesantrenTahfidz Salafiyah Syafi’iyah Klinterejo Sooko Mojokerto terdapat tradisi pembacaaan Surat Al Waqi’ah yang di lakukan secara rutin oleh keluarga besar Pesantren mulai dari Pengasuh, Ustadzah, para Santri termasuk Santri yang sudah alumni. Penulis tertarik meneliti dan fokus pada dua masalah yaitu 1). Bagaimana tradisi pembacaan Surat Al Wâqi’ah di Pesantren Tahfidz Salafiyah Syafi’iyah Desa Klinterejo Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto, 2). Apa motivasi dalam tradisi pembacaan Surat Al Waqi’ah di Pesantren Tahfidz Salafiyah Syafi’iyah Desa Klinterejo Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto. Tesis ini berjudul “Motivasi Tradisi Pembacaan Surat Al Wâqi’ah: Studi Living Quran di Pesantren Tahfidz Salafiyah Syafi’iyah Desa Klinterejo Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto Jawa Timur oleh Ali Muaffa dengan pembimbing Prof. Dr. Aswadi, M.Ag. Untuk mendapatkan jawaban dari dua masalah tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan Living Quran dengan metode diskriptif kualitatif. Dengan Pendekatan dan metode ini, menghasilkan temuan; 1). Di Pesantren Tahfidz Salafiyah Syafi’iyah Desa Klinterejo Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto terdapat tradisi pembacaaan Surat Al Waqi’ah yang di lakukan setiap setelah salat Magrib dan setelah salat Subuh. Kegiatan ini merupakan rutinitas yang pasti dilakukan sejak pesantren ini berdiri, menjadi kebiasaan yang juga dilakukan terus menerus oleh keluarga besar Pesantren mulai dari Pengasuh, Ustadzah, para Santri termasuk Santri yang sudah alumni; 2) Motivasi Tradisi membaca Surat Al Waqi’ah selain bertujuan untuk beribadah, juga untuk menghadirkan Barokah serta bisa menjadi wasilah dan media membuat hidup menjadi senang, tenang, bahagia serta rizki dimudahkan oleh Allah. Secara kasat mata, tradisi pembacaan Surat Al Waqi’ah terlihat implikasinya pada masyarakat bahwa kondisi kehidupan keluarga besar pesantren nampak dan terasa sedemikian tentram, tenang, bahagia adannya dan secara materi tidak mengalami kekurangan, sebab kenyataanya sumber-sumber ekonomi juga berjalan dengan lancar seiring dengan kegiatan belajar mengajar Tahfidz Al Quran. Kondisi serupa juga dirasakan oleh kebanyakan para alumni pesantren, dari sejak memperoleh pasangan hidup (suami) yang sesuai dengan yang diharapkan hingga maisyah dan kegiatan (kesibukan) pasca menjadi santri. Penelitian ini hanya terbatas pada tradisi pembacaan Surat Al Waqi’ah, sedangkan tradisi pembacaan surat-surat yang lain masih dimungkinkan untuk dilakukan penelitian lebih lanjut di berbagai pesantren maupun tempat-tempat lain yang memungkinkan adanya temuan yang serupa maupun yang sama sekali akan berbeda dengan penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muaffa, Alialimuaffa99@gmail.comF02516111
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAswadi, Aswadiaswadi.syuhadak@gmail.com2012046001
Subjects: Pesantren
Keywords: Motivasi; Living Qur’an; Pesantren Tahfidh
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 Jan 2020 07:35
Last Modified: 15 Jan 2020 08:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39023

Actions (login required)

View Item View Item