Pemenuhan Fungsi Keluarga Terhadap Anak Terlantar Oleh Pekerja Sosial Di UPT Perlindungan Dan Pelayanan Sosial Asuhan Balita Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ningsih, Rany Gustya (2019) Pemenuhan Fungsi Keluarga Terhadap Anak Terlantar Oleh Pekerja Sosial Di UPT Perlindungan Dan Pelayanan Sosial Asuhan Balita Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rany Gustya Ningsih_I73216054.pdf

Download (933kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan seperti apa pemenuhan fungsi keluarga bagi anak terlantar yang dilaksanakan oleh pekerja sosial di UPT. Perlindungan dan Pelayanan Sosial Asuhan Balita Sidoarjo. Anak terlantar tidak ubahnya seperti anak-anak pada umumnya yang pada masa-masa tersebut sangat membutuhkan keluarga dan orang tua sebagai tempat yang aman bagi mereka untuk mendapatkan perlindungan. Ketidakmampuan anak terlantar untuk mendapatkan keberfungsian keluarga dari orang tua kandungnya merupakan landasan utama mengapa UPT Perlindungan dan Pelayanan Sosial Asuhan Balita Sidoarjo harus menjadi pengganti keberadaan orang tua dalam mensejahterakan anak-anak terlantar.Dari pernyataan di atas penyusun mengajukan pertanyaan sebagai rumusan masalah yaitu bagaimana pemenuhan fungsi keluarga bagi anak terlantar yang dilakukan oleh Pekerja Sosial di UPT Perlindungan dan Pelayanan Sosial Asuhan Balita Sidoarjo? Penelitian ini menggunakan metode Deskiptif kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dengan subjek kepala pimpinan UPT, enam orang pengasuh, dua staff administrasi, pengajar anak dan tujuh klien anak terlantar di UPT Perlindungan dan Pelayanan Sosial Asuhan Balita. Sedangkan yang menjadi objeknya adalah Pemenuhan fungsi keluarga terhadap anak terlantar oleh pekerja sosial di UPT Perlindungan dan Pelyanan Sosial Asuhan Balita Sidoarjo.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam memenuhi fungsi keluarga bagi anak terlantar yang dilakukan oleh pekerja sosial di UPT PPSAB adalah dengan mengadakan kegiatan-kegiatan seperti pemberian fasilitas sekolah formal dan non formal, bimbingan belajar, bimbingan keagamaan, pembuatan akta kelahiran dan kartu keluarga, kegiatan liburan bersama, penciptaan kedekatan emosional pengasuh dan anak, perlindungan dari tindakan kekerasan serta pemeliharaan keberlangsungan hidup. Kesimpulan yang dapat diambil dari pelaksanaan kegiatan-kegiatan di atas, bahwasannya dari keenam fungsi keluarga menurut Berns yaitu memenuhi fungsi ekonomi, edukasi, religi, penugasan peran, perlindungan maupun pemeliharaan, serta fungsi rekreatif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ningsih, Rany Gustyaranigustyaningsih@gmail.comI73216054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuttaqin, Husnulhusnulfikr@gmail.com2020017801
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Keywords: Fungsi Keluarga, UPT Perlindungan dan Pelayanan Sosial Asuhan Balita, Sidoarjo
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Rany Gustya
Date Deposited: 10 Jan 2020 01:45
Last Modified: 10 Jan 2020 01:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38900

Actions (login required)

View Item View Item