Peningkatan hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi terhadap kesejahteraan masyarakat melalui model kooperatif tipe numbered head together pada siswa kelas VA MIN 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Septiana, Anik (2019) Peningkatan hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi terhadap kesejahteraan masyarakat melalui model kooperatif tipe numbered head together pada siswa kelas VA MIN 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anik Septiana D97216045.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V-A MIN 2 Sidoarjo pada materi pengaruh kegiatan ekonomi terhadap kesejahteraan masyarakat. Berdasarkan kegiatan prasiklus dapat diketahui dari 38 siswa hanya 20 siswa yang mencapai ketuntas. Persentase ketuntasan hasil belajar yang diperoleh hanya 47,37% dengan rata-rata 78,51.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS materi pengaruh kegiatan ekonomi terhadap kesejahteraan masyarakat. (2) Peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPS materi pengaruh kegiatan ekonomi terhadap kesejahteraan masyarakat pada siswa kelas V-A MIN 2 Sidoarjo setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin, yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-A MIN 2 Sidoarjo dengan jumlah 38 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, observasi, wa wancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together pada materi pengaruh kegiatan ekonomi terhadap kesejahteraan masyarakat pada siswa kelas V-A MIN 2 Sidoarjo telah dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas guru meningkat dari siklus I yaitu 82,40 (Baik), siklus II menjadi 91,67 (Sangat Baik). Sedangkan untuk hasil observasi aktivitas siswa siklus I memperoleh 75 (Cukup) meningkat pada siklus II menjadi 85,71 (Baik). (2) Peningkatan hasil belajar materi pengaruh kegiatan ekonomi terhadap kesejahteraan masyarakat setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar yang diperoleh pada prasiklus yaitu 47,37 % (Sangat Kurang) dengan rata-rata 78,51 (Cukup). Untuk siklus I meningkat menjadi 76% (Cukup) dengan rata-rata 83,78 (Baik). Siklus II meningkat menjadi 89% (Baik) dengan rata-rata 87,38 (Baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Septiana, Anikanikseptiana.as@gmail.comD97216045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
AuthorNadlir, NadlirUNSPECIFIED196807221996031002
AuthorBahri Musthofa, MuhammadUNSPECIFIED197307222005011005
Subjects: Ekonomi
Kesejahteraan Sosial
Masyarakat
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together, Hasil belajar, IPS.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Anik Septiana
Date Deposited: 07 Jan 2020 04:03
Last Modified: 07 Jan 2020 04:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38336

Actions (login required)

View Item View Item