Pengelolaan air bersih berbasis masyarakat dan dampaknya bagi kesejahteraan warga desa doudo kecamatan panceng kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azkiyati, Hilma (2019) Pengelolaan air bersih berbasis masyarakat dan dampaknya bagi kesejahteraan warga desa doudo kecamatan panceng kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hilma Azkiyati_I73216044.pdf

Download (2MB)

Abstract

“Air merupakan kebutuhan yang penting dalam kehidupan manusia untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Desa yang kekeringan pada musim kemarau yang hanya bergantung pada telaga, sekarang Desa Doudo menjadi desa yang berjaya karena adanya sumber air bersih di perbatasan desa tersebut. Permasalah yang dikaji peneliti yakni pertama, bagaimana pengelolaan air bersih berbasis masyarakat Desa Doudo Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik. Kedua, bagaimana dampak pengelolaan air bersih berbasis masyarakat bagi kesejahteraan warga Desa Doudo Kecamatan Panceng Kbupaten Gresik.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi atau pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teori yang digunakan dalam menganalisa dan melihat fenomena yang terjadi pada perkembangan Desa Doudo ini adalah Teori Max Weber yaitu Tindakan Sosial.Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa pengelolaan air bersih berbasis masyarakat tersebut mengenai proses pengelolaan dari mencari titik sumber sampai dalam pemakaian untuk masyarakat Desa Doudo. Upaya yang dilakukan pemerintah desa dan warga untuk mendapatkan sumber sampai mengelola air bersih di Desa Doudo ini mendatangkan ahli geolistrik dari IPB dan ditemukannya sumber air di ujung desa. Mendapat bantuan dari kabupaten yakni HIPPAM dan dapat bantuan Nasional PAMSIMAS guna untuk mencari, membuat, dan mengembangkan potensi air bersih di Desa Doudo. Dalam pendanaan awal desa sumbangan dengan masyarakat dan gotong-royong dalam membangun sumur yang sekarang terdapat 4 sumur. Dampak yang dirasakan masyarakat dari adanya air bersih atau SPAMS Qurnia ini yang pertama yakni dari tingkat kesehatan yang sudah membaik dari yang sering terkena penyakit demam berdarah, lalu lingkungan yang dapat merubah perilaku masyarakat dalam menjaga dan merawat lingkungan sampai menjadi desa yang unggul dalam hal lingkungan saat ini. Dan dampak yang terakhir yakni ekonomi, yang mulai banyak yang membuka usaha dari buka warung, jual bakso, usaha ternak ayam, budidaya lele, cuci motor dan lain sebaginya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azkiyati, Hilmahilmaazki12@gmail.comi73216044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAzizah, SitiUNSPECIFIED197703012007102005
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Keywords: Tindakan Sosial, Pengelolaan Air Bersih
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: hilma Azkiyati
Date Deposited: 03 Jan 2020 02:45
Last Modified: 03 Jan 2020 02:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38145

Actions (login required)

View Item View Item