Pendampingan Santriwati NAJ (Nisa'u Ahlil Jannah) Pondok Pesantren Jabal Noer Dalam Meningkatkan Kreatifitas Kemandirian Santri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Haikal, Fikry (2019) Pendampingan Santriwati NAJ (Nisa'u Ahlil Jannah) Pondok Pesantren Jabal Noer Dalam Meningkatkan Kreatifitas Kemandirian Santri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
FIKRY HAIKAL_B02215009.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pendampingan kepada santriwati NAJ (Nisa'u Ahlil Jannah) di Pondok Pesantren Jabal Noer Desa Geluran Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo untuk memberikan pembelajaran dan pendidikan kepada mereka tentang berwirausaha. Santriwati NAJ (Nisa'u Ahlil Jannah) merupakan aset utama yang didampingi peneliti untuk ditumbuh kembangkan potensi mereka menjadi santri yang mandiri yang bisa meningkatkan kebutuhan ekonomi santri pesantren. Dalam pendampingan ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan Asset Based Community Development (ABCD) yaitu pendekatan berbasis aset yang memiliki lima tahapan diantaranya Discovery, Dream, Design, Define dan Destiny. Dengan melalui limahunsur tahapan tersebut, peneliti mengajak santriwati NAJ untuk menggalih dan mengenali aset atau potensi yang adalam diri mereka sendiri dengan bermimpi serta belajar dari masa lampau untuk kemudian dijadikan suatu pembelajaran. Selain itu dalam pendampingan ini peneliti juga mengajak santriwati NAJ (Nisa'u Ahlil Jannah)untuk menemukenali aset atau keahlian yang ada pada diri mereka sendiri seperti aset tangan, aset otak dan aset hati. Dan apa yang diimpikan atau apa yang ingin dicapai oleh santri nantinya dapat menciptakan perubahan peningkatan kemandirian santri. Aksi yang telah dilakukan oleh para santriwati NAJ dalam inovasi pengelolaan skill kreatifitas memasak yaitu daging sapi olahan menjadi pentol bakso daging, syiomay yang bisa di awetkan dan menu makanan kuliner lain. Pendamping kepada santriwati NAJ (Nisa'u Ahlil Jannah) adalah bentuk aplikasi suatu kegiatan yang dapat mendasari mereka berwirausaha mencapai suatu kesejahteraan ekonomi. Pemberdayaan yang dilakukan dalam pendampingan ini adalah tentang wirausaha, inovasi produk, dan pemasaran.Melalui proses aksi perubahan seperti melakukan pelatihan membuat pentol bakso, dapat menjadikan santriwati NAJ (Nisa'u Ahlil Jannah)akan sadar dengan sendirinya bahwa mereka bisa dan mampu menciptakan suatu hal yang positif di pesantren. Sehingga pembuatan pentol bakso dari daging sapiyang awalnya dijual secara mentahan dengan harga yang cukup mahal tidak bisa bertahan lama, sekarang bisa menjadi olahan pentol bakso yang lebih merakyat dan bernilai jual tinggi setelah adanya sentuhan kreatifitas sekaligus bisa menggaet para pelanggan - pelanggan dari berbagai kalanganKdari anak - anak, remaja, sampai orang dewasa yang harganya sangat terjangkau. Tingkat ketahanan daging olahan yang sudah menjadi pentol bakso sangat lama bisa sampai berbulan tanpa adanya campuran bahan pengawetdengan cara dipacking dalam pendingin atau kulkas . Adanya inovasi pembuatan pentol bakso mampu menggaet pelanggan dan menghasilkan pundi-pundi uang yang bisa meningkatkan kreatifitas kemandirian santri di pesantren dengan berwirausaha.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Haikal, Fikryamrifikrihaikal1@gmail.comB02215009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Ries DyahUNSPECIFIED197804192008012014
Subjects: Pesantren
Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Santri
Keywords: Pendampingan, Santriwat NAJ,Kemandirian Santri
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Fikry Haikal
Date Deposited: 06 Jan 2020 09:09
Last Modified: 06 Jan 2020 09:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38106

Actions (login required)

View Item View Item