Sejarah dan perkembangan Yayasan Pondok Pesantren Nurul Huda Sencaki Kelurahan Simolawang Kecamatan Simokerto Surabaya tahun 1994-2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayati, Nikmatul (2019) Sejarah dan perkembangan Yayasan Pondok Pesantren Nurul Huda Sencaki Kelurahan Simolawang Kecamatan Simokerto Surabaya tahun 1994-2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nikmatul Hidayati_A92215108.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang sejarah dan perkembangan Yayasan Pondok Pesantren Nurul Huda Sencaki Kelurahan Simolawang Kecamatan Simokerto Surabaya tahun 1994-2019. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1)Bagaimana sejarah Yayasan Pondok Pesantren Nurul Huda. 2) Bagaimana perkembangan Yayasan Pondok Pesantren Nurul Huda Surabaya. 3) Apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat di Pondok Pesantren Nurul Huda Surabaya. Skripsi ini, ditulis dengan menggunakan metode penelitian sejarah dengan langkah-langkah sebagai berikut: heuristik (pengumpulan data), verifikasi (mengkritik data), interpretasi (penafsiran data) dan historiografi (penulisan sejarah). Penulisan skripsi ini disusun dengan menggunakan metode penelitian sejarah dengan pendekatan diakronis untuk memberikan gambaran mengenai “Sejarah dan Perkembangan Yayasan Pondok Pesantren Nurul Huda Sencaki Kelurahan Simolawang Kecamatan Simokerto Surabaya Tahun 1994-2019”. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teori yang dikemukakan oleh Ziemek dan teori continuity and change yang dikemukakan oleh John Obert Voll. Kedua teori ini sangat penting dalam mengidentifikasi pesantren sekaligus dapat digunakan sebagai acuan dalam pengembangan pesantren Nurul Huda Surabaya. Hasil analisis dari penelitian ini menyimpulkan beberapa hal. Pertama, pondok pesantren Nurul Huda beridiri tahun 1994. Kedua, pondok pesantren Nurul Huda telah beridiri dan mengalami perkembangan baik dalam sarana dan prasarana selama dua puluh lima tahun semenjak pondok pesantren tersebut didirikan. Ketiga, ada beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam perkembangan Yayasan Pondok Pesantren Nurul Huda.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayati, Nikmatulnikmahidayah02@gmail.comA92215108
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSusanto, Dwidwi.uinsa@gmail.com197712212005011003
Subjects: Pesantren
Sejarah
Keywords: Sejarah; Perkembangan; Pondok Pesantren Nurul Huda
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Hidayati Nikmatul
Date Deposited: 03 Jan 2020 03:03
Last Modified: 03 Jan 2020 03:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38075

Actions (login required)

View Item View Item