Bank Wakaf Mikro sebagai Program Pemberdayaan Ekonomi Umat di Lingkungan Pondok Pesantren: studi kasus Bank Wakaf Mikro Alpen Barokah Mandiri, PP. Al Amien Prenduan Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Riskia (2019) Bank Wakaf Mikro sebagai Program Pemberdayaan Ekonomi Umat di Lingkungan Pondok Pesantren: studi kasus Bank Wakaf Mikro Alpen Barokah Mandiri, PP. Al Amien Prenduan Sumenep. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Riskia Putri_F52417143.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sejak pertama diresmikan, ada harapan besar dari pemerintah dan masyarakat bahwa program pilot project Bank Wakaf Mikro (BWM) berpeluang untuk menciptakan pemberdayaan ekonomi masyarakat khususnya yang berada di lingkungan pondok pesantren. Hal itu didasari dengan optimistis yang tinggi karena pondok pesantren memiliki pengaruh yang besar bagi kalangan masyarakat di sekitarnya. Namun pada kenyataannya belum semua BWM bisa memenuhi harapan tersebut. Hal itu bisa saja terjadi karena secara implementasi di lapangan terkait visi dan misi BWM belum totalitas mengarah pada pemberdayaan, fungsi intermediasi BWM yang belum optimal, atau mekanisme pembiayaan dan pendampingan usaha BWM yang belum tepat. Penelitian yang mengambil setting di Bank Wakaf Mikro Alpen Barokah Mandiri PP. Al-Amien Prenduan Sumenep ini menjawab masalah penelitian berupa pertanyaan; bagaimana model pemberdayaan ekonomi masyarakat yang dilakukan oleh BWM Alpen Barokah Mandiri? Bagaimana fungsi intermediasi BWM Alpen Barokah Mandiri? Bagaimana mekanisme pembiayaan disertai pendampingan yang dijalankan BWM Alpen Barokah Mandiri? Hasil penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif ini menunjukkan bahwa pemberdayaan ekonomi masyarakat yang berhasil harus didukung oleh strategi, teknik, dan pengkondisian pemberdayaan. Model tersebut direalisasikan oleh BWM Alpen Barokah Mandiri dengan cara memberikan pembinaan secara kelompok kepada nasabah, menjalin kerjasama antara nasabah dengan sesama nasabah, mengoptimalkan peran sumber daya insani yang memahami visi dan misi pemberdayaan, serta optimalisasi fungsi intermediasi. Fungsi intermediasi ekonomi, sosial, dan spiritual BWM Alpen Barokah Mandiri dilakukan dengan cara pengembangan potensi ekonomi umat, perantara pemilik dana (donatur) dan pengguna dana (pelaku usaha), peningkatan kualitas pembiayaan dengan menjalin komitmen secara sosial (social collateral). Sedangkan mekanisme pembiayaan BWM Alpen Barokah Mandiri ditekankan pada pembiayaan produktif saja dengan menggunakan pola pembiayaan disertai pendampingan melalui pertemuan mingguan (halaqoh mingguan/HALMI).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Riskiariskiaputri03@gmail.comF52417143
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhotib, Khotibkhotibsholeh@gmail.com196906082005011003
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Ekonomi Islam
Pesantren
Divisions: Program Magister > Ekonomi Islam
Depositing User: Putri Riskia
Date Deposited: 12 Dec 2019 07:08
Last Modified: 12 Dec 2019 07:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36301

Actions (login required)

View Item View Item