Sejarah perkembangan Pondok Pesantren Al Masthuriyah Cisaat Sukabumi 1974-2018

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yakin, Ainul (2019) Sejarah perkembangan Pondok Pesantren Al Masthuriyah Cisaat Sukabumi 1974-2018. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainul Yakin_A02213007.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang ditulis dengan judul “Sejarah Perkembangan Pondok Pesantren Al-Masthuriyah Cisaat Sukabumi 1974-2018”. Berfokus pada titik permasalahan: 1. Bagaimana sejarah berdirinya pondok pesantren Al-Masthuriyah? 2. Bagaimana perkembangan pondok pesantren Al-Masthuriyah? 3. Kontribusi apa yang diberikan Al-Masthuriyah bagi masyarakat Cisaat? dengan titik fokus pada permasalahan ini akan menemukan bagaimana sejarah serta perkembangan dan juga kontribusi dari pondok pesantren Al-Masthuriyah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah, dengan menggunakan beberapa langkah yaitu, heuristik mengumpulkan sumber-sumber sejarah dengan cara wawancara dan arsip-arsip berupa akta pendirian pondok pesantren, verifikasi (kritik terhadap data), penafsiran dan historiografi. Adapun pendekatan dalam skripsi ini menggunakan pendekatan historis serta pendekatan sosiologi dan menggunakan teori Continuity and Change serta teori Kepemimpinan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Awal didirikan pondok pesantren Al-Masthuriyah yakni pada tahun 1920, tetapi dengan nama Sekolah Ahmadiyah. Kemudian, pada tahun 1941, madrasah ini memisahkan diri dan berganti nama menjadi Sekolah Agama Sirojul Athfal. Dan pada tahun 1974 atas musyawarah para pengurus dan alumni dengan sepakat mengubah nama Sekolah Agama Shirojul Athfal menjadi Al-Masthuriyah. (2) Perkembangan yang dialami Al-Masthuriyah seperti perluasan sarana, misalnya masjid, gedung sekolah, asrama putra dan putri, serta gedung olahraga. Selain perkembangan berupa perluasan sarana, Al-Masthuriyah juga mengalami perkembangan berupa pendidikan yakni seperti perkembangan pendidikan berupa adanya pendidikan formal baru layaknya sekolah pada umumnya. (3) Kontribusi pondok Al-Masthuriyah memiliki beberapa macam yaitu: a. dalam bidang pendidikan, kontribusi yang diberikan berupa mendirikan sekolah formal. b. bidang keagamaan, berupa pengajaran tentang akhlaq, fiqh dan pendidikan kepada santri dan masyarakat Cisaat. c. bidang pemberdayaan masyarakat, berupa pertama dengan memfasilitasi kegiatan-kegiatan Islam yang berlangsung di kampong kedua membuat Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren), bertujuan untuk membantu masalah keuangan santri dan masyarakat sekitar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yakin, Ainulainul.kazuya@gmail.comA02213007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSukarma, Sukarmasukarmafahmy@gmail.com196310281994031004
Subjects: Pesantren
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Yakin Ainul
Date Deposited: 19 Nov 2019 07:06
Last Modified: 19 Nov 2019 07:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36166

Actions (login required)

View Item View Item