Analisis model bisnis peer to peer lending syariah dalam meningkatkan kesejahteraan usaha mikro berdasarkan Maqashid Al-Syari'ah (studi pada PT Amartha Mikro Fintek Cabang Puri Mojokerto)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Evi Riadhotun (2019) Analisis model bisnis peer to peer lending syariah dalam meningkatkan kesejahteraan usaha mikro berdasarkan Maqashid Al-Syari'ah (studi pada PT Amartha Mikro Fintek Cabang Puri Mojokerto). Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Evi Riadhotun Hasanah_F02416085.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tesis yang berjudul Analisis Bisnis Peer To Peer lending Syariah pada PT Amartha Mikro Fintek Cabang Puri Mojokerto dalam Meningkatkan Kesejahteraan Usaha Mikro Berdasarkan Maqashid Al-shari’ah ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan: Bagaimana Implementasi Bisnis peer to peer lending Syariah pada PT Amartha Mikro Fintek Cabang Puri Mojokerto dan Bagaimana bisnis peer to peeer lending dalam meningkatkan kesejahteraan Usaha Mikro berdasarkan Maqashid Al-shari’ah Pada PT Amartha Mikro Fintek cabang Puri Mojokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan Analisis kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara secara langsung kepada narasumber yaitu Manajer Bisnis, dan 15 Mitra Usaha Amartha. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa Implementasi model bisnis peer to peer lending Syariah Amartha Cabang Puri Mojokerto hanya terfokus pada penyaluran pembiayaan, dan mekanisme pembiayaan peer to peer Amartha ini telah sesuai dengan Fatwa DSN MUI NO:117/DSN-MUI/II/2018 tentang Layanan Pembiayaan Berbasis Teknologi Informasi berdasarkan Prinsip Syariah dan masuk dalam kategori model pembiayaan berbasis komunitas, yaitu pembiayaan yang dilakukan dengan komunitas kelompok Pengusaha mikro, selain itu, Amartha juga menggunakan sistem tanggung renteng dalam pembiayaanya. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa setelah mendapatkan pembiayaan Peer to Peer Amartha, Pendapatan Mitra Usaha mengalami peningkatan, sehingga dari pendapatan tersebut dapat terpenuhinya indikator kesejahteraan berdasarkan Maqashid Al-shari’ah yaitu dapat dilihat dari meningkatnya kemampuan zakat/ infaq/ shadaqah, kecukupan dalam memenuhi kebutuhan pokok, kecukupan dalam biaya pendidikan, kemampuan mempersiapkan investasi masa depan sebagai bentuk dari perlindungan keturunan dan pemeliharaan harta yang dibuktikan dengan pengelolaan harta yang baik sehingga menghasilkan aset bagi Mitra Usaha Amartha. Sejalan dengan kesimpulan diatas maka penulis memberi saran agar PT Amartha Mikro Fintek Cabang Puri Mojokerto mempertahankan sistem Peer to Peer yang telah sesuai dengan prinsip syari’ah ini, dan terus berkelanjutan dalam memberikan pembiayaan pada Usaha Mikro terutama didaerah pelosok-pelosok.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Evi Riadhotunevishodiq@gmail.comF02416085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
AuthorMugiyati,, Mugiyati-197102261997032001
Subjects: Bank Islam
Kesejahteraan Sosial
Bisnis
Keywords: Peer to Peer Lending Syariah, Kesejahteraan, Maqashid al-Shari'ah
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Hasanah Evi Riadhotun
Date Deposited: 15 Aug 2019 06:07
Last Modified: 15 Aug 2019 06:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35201

Actions (login required)

View Item View Item