Pengelolaan wisata religi makam syaikhona muh. kholil bangkalan dan dampaknya terhadap kesejahteraan ekonomi masyarakat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lutfiadi, Lutfiadi (2019) Pengelolaan wisata religi makam syaikhona muh. kholil bangkalan dan dampaknya terhadap kesejahteraan ekonomi masyarakat. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
LUTFIADI_F12417326.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tesis ini merupakan penelitian yang dilakukan di obyek wisata religi Makam syaikhona Muh. Kholil Bangkalan. Dalam penelitian ini ada dua rumusan masalah yang dikaji. (1) Bagaimana pengelolaan wisata religi Makam Syaikhona Moh. Kholil Bangkalan? (2) Bagaimana dampak pengelolaan wisata religi Makam Syaikhona Moh. Kholil Bangkalan terhadap kesejahteraan ekonomi masyarakat? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode ini dipilih agar data penelitian bersifat mendalam dan menyeluruh mengenai pengelolaan wisata religi Makam syaikhona Muh. Kholil Bangkalan dan dampaknya terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar. Data yang diperoleh kemudian disajikan secara diskriptif menggunakan teori manajemen pengelolaan G. R. Terry dan menggunakan indikator kesejahteraan yang ditetapkan oleh Biro Pusat Statistik Indonesia (BPSI). Dalam analisi data peneliti menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pengelolaan wisata religi Makam syaikhona Muh. Kholil Bangkalan dikelolah oleh pihak swasta, meskipun wisata religi Makam syaikhona Muh. Kholil dikelola oleh pihak Swasta tetapi secara umum sistem pengelolaannya sudah menerapkan fungsi-fungsi manajemen pengelolaan, mulai dari perencanaan, pengorganisaian, penggerakan dan pengawasan, sehingga dengan pengelolaan yang profesional masyarakat sekitar mendapat dampaknya, mulai dari peningkatan pendapatan, lingkungan yang aman dan tercukupinya kebutuhan masyarakat sehingga masyarakat bisa hidup sejahtera. Adapun ukuran kesejahteraan bagi masyarakat sekitar Makam syaikhona Muh. Kholil Bangkalan adalah terpenuhinya kebutuhan sehari-hari dan diberi kesehatan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala Dari hasil penelitian ini , peneliti memberikan saran kepada pihak pengelola agar bisa berkoordinasi dengan Dinas prawisata agar lebih memperhatikan obyek wisata religi Makam syaikhona Muh. Kholil bangkalan. Dan bagi masyarakat sekitar agar bisa memanfaatkan peluang usaha mengingat jumlah pengunjung di Makam syaikhona Muh. Kholil selalu meningkat, dan mampu menjaga lingkungan area Makam syaikhona Muh. Kholil Bangkalan.


Kata Kunci: pengelolaan, wisata religi, kesejahteraan Masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lutfiadi, Lutfiadilutfi061188@gmail.comF12417326
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSirajul, ArifinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Ekonomi Islam
Kesejahteraan Sosial
Pariwisata
Keywords: pengelolaan, wisata religi, kesejahteraan
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Lutfiadi Lutfiadi
Date Deposited: 15 Aug 2019 07:35
Last Modified: 15 Aug 2019 07:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35181

Actions (login required)

View Item View Item