Logoterapi sebagai psikoterapi Santri gangguan jiwa di Pondok Pesantren Asy-Syifa Dusun Ngrandon Berjing, Desa Cepoko, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoirudin, Ahmad (2019) Logoterapi sebagai psikoterapi Santri gangguan jiwa di Pondok Pesantren Asy-Syifa Dusun Ngrandon Berjing, Desa Cepoko, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Khoirudin_E07215001.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebaran logoterapi di Indonesia serta pelaksanaannya di Pondok Pesantren Asy-Syifa. Adapun permasalahan penting yang perlu dijawab dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penyebaran logoterapi di Indonesia?; (2) Bagaimana penerapan logoterapi sebagai psikoterapi santri gangguan jiwa di Ponpes Asy-Syifa Dusun Ngrandon Berjing, Desa Cepoko, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi?. Penelitian ini menggunakan model kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara dan observasi di lokasi, serta penelusuran dokumen yang relevan dengan judul penelitian. Kemudian diolah dengan pengolahan data lalu disajikan dalam bentuk narasi dan deskripsi, terakhir diambil kesimpulan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: Pertama, penyebaran logoterapi di Indonesia secara normatif tersebar di kalangan perguruan tinggi yang berlatar belakang psikologi dan secara praktis juga tersebar di masyarakat luas dengan ciri khas teknik masing-masing psikoterapis, sebagaimana yang ditemukan peneliti di Pondok Pesantren Asy-Syifa. Kedua, logoterapi di Pondok Pesantren Asy-Syifa menggunakan dua teknik, yaitu derefleksi dan bimbingan rohani. Teknik derefleksi dapat dilihat pada terapi aktivitas atau kegiatan yang diberikan pengasuh kepada santri supaya teralihkan dari memikirakan gangguannya, serta mengasah daya kreatifitasnya. Bimbingan rohani dapat dilihat pada terapi mengaji, shalat jamaah dan terapi doa, dengan tujuan memberikan stimulus pada kesadaran spiritualnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoirudin, Ahmadahmadkhoirudin.rr@gmail.comE07215001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTasmuji, TasmujiUNSPECIFIED196209271992031005
Thesis advisorUmam, M. HelmiUNSPECIFIED197905042009011010
Subjects: Pesantren
Psikoterapi > Psikoterapi Islam
Santri
Keywords: Logoterapi; Psikoterapi; Gangguan Jiwa
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Khoirudin Ahmad
Date Deposited: 13 Aug 2019 02:00
Last Modified: 13 Aug 2019 02:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34366

Actions (login required)

View Item View Item