Peranan Dinas Pendidikan dalam peningkatan kualitas pendidikan madrasah, madrasah diniyah, dan pesantren di Kabupaten Pasuruan Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyidah, Ainun (2019) Peranan Dinas Pendidikan dalam peningkatan kualitas pendidikan madrasah, madrasah diniyah, dan pesantren di Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. PhD thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Ainun Rosyidah_F05511029.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kebijakan terkait dengan pendidikan adalah sangat penting, apabila kebijakannya salah maka akan berakibat fatal untuk masa depan sebuah lembaga pendidikan. Terkhusus lembaga-lembaga pendidikan yang selama ini serasa terpinggirkan, yaitu pendidikan madrasah, diniyah dan pondok pesantren.Kesimpulan besar disertasi ini menunjukkan bahwa peranan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan sangatlah urgen.Tentu tidak hanya sebagai instansi yang memiliki tanggungjawab terhadap perjalanan sebuah lembaga pendidikan yang secara khusus lembaga pendidikan Madrasah, Diniyah, dan Pondok Pesantren.Dalam konteks otonomi daerah desentralisasi juga mengisyaratkan terjadinya perubahan kewenangan dalam pemerintahan terkait pendidikan disemua sektor, termasuk lembaga-lembaga yang berada dinaungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Adapun lembaga pendidikan yang di bawah naungan Kementerian Agama masih bersifat sentralistik. Penelitian ini lebih fokus pada kebijakan Dinas Pendidikan melalui Kasi Pergurag Kabupaten Pasuruan terkait dengan madrasah, diniyah dan pondok pesantren. Posisi ketiga lembaga itu yang diperlakukan sama dengan sekolah umum. Dalam penelitian ini, dilakukan studi eksploratif terhadap data yang relevan dengan objek kajian yang bersumber dari wawancara dan observasi.Oleh karena itu, studi ini dimaksudkan menelusuri data dalam berbagai sumber.Peneliti melakukan penelusuran literatur yang berhubungan secara langsung dengan objek yang diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa tentang peran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melalui Kasi Perguruan Agama dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan madrasah, madrasah Diniyah, dan Pondok Pesantren dalam perspektif kebijakan pemerintah pada regulasi otonomi daerah yaitu peraturan bupati. Objek kajian penelitian ini adalah kebijakan pemerintah Kabupaten Pasuruan terkait dengan implementasi peraturan-peraturan pemerintah daerah yang berhubungan dengan tugas dan fungsi organisasi terutama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mewujudkan visi dan misi Dinas Pendidikan. Sumber data penelitian ini terdiri atas manusia berupa kata-kata dan tindakan hasil wawancara dengan informan dan dokumen perundang-undangan pendidikan pada pemerintahan Daerah Kabupaten Pasuruan. Temuan penelitian ini adalah; Pertama, perhatian pemerintah daerah Kabupaten Pasuruan, melalui Dinas Pendidikan terhadap perkembangan dan peningkatan kualitas pendidikan madrasah, madrasah diniyah, dan pondok pesantren sangat signifikan. Kedua, sistem pendampingan dan pembimbingan lembaga pendidikan madrasah, madrasah diniyah, pondok pesantren sangat intens sehingga setiap program bisa dikawal secara baik. Peningkatan mutu bisa terwujud dengan baik karena adanya keterlibatan baik itu pemerintahan kabupaten melalui regulasi Perda dan juga swadaya stakeholder lembaga-lembaga pendidikan terkait untuk mewujudkan visi misi besar pendidikan di Kabupaten Pasuruan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyidah, Ainunainunrosyidah@gmail.comF05511029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHaris, Abd.prof.abdharis@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pesantren
Keywords: Peranan Dinas Pendidikan; kualitas; madrasah; madrasah diniyah; pondok pesantren
Divisions: Program Doktor > Ilmu Keislaman
Depositing User: Rosyidah Ainun
Date Deposited: 26 Jul 2019 08:19
Last Modified: 26 Jul 2019 08:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32823

Actions (login required)

View Item View Item