Implementasi pendidikan anak Supernormal di Pondok Pesantren MAS Dungduro Krembangan Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauzi, Anang (2011) Implementasi pendidikan anak Supernormal di Pondok Pesantren MAS Dungduro Krembangan Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anang Fauzi_D01207092.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32073

Abstract

Terpilihnya judul tersebut didasari atas fenomena yang peneliti temukan saat tinggal di lingkungan Pondok Pesantren MAS, peneliti beranggapan bahwa penerapan pendidikan khusus untuk anak supernormal di lembaga tersebut perlu dikembangkan demi mewujudkan dan memfasilitasi apa yang menjadi keinginan anak-anak supernormal. Sebagaimana peneliti ketahui dari buku-buku referensi yang peneliti baca sebelum memulai untuk membahas tentang pendidikan anak supernormal bahwa anak supernormal memiliki kebutuhan-kebutuhan khusus yang selama ini kurang diperhatikan oleh lembaga-lembaga pendidikan tempat dimana mereka belajar. Atas dasar permasalahan tersebut d i atas maka tujuan skripsi ini untuk mengetahui beberapa hal diantaranya; apa yang dimaksud dengan anak supernormal, bagaimana implementasi pendidikan anak supernormal di Pondok Pesantren MAS, serta faktor apakah yang mendukung dan menghambat dalam mendidik anak supernormal di Pondok Pesantren MAS. Skripsi ini merupakan merupakan penelitian kualitatif atas dasar berangkat dari suatu teori atau gagasan para ahli maupun pemahaman peneliti berdasarkan pengalaman. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren MAS Dungduro Krembangan Taman Sidoarjo yang memiliki anak didik ber-IQ tinggi atau bisa disebut dengan anak supernormal. Metode yang digunakan adalah interview, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; anak supernormal adalah anak yang memiliki IQ diatas 110, adapun implementasi pendidikan anak supernormal di pondok pesantren MAS bisa dikatakan sudah maksimal, hal ini mengacu dari buku referensi utama penelitian ini yaitu "Anak Supernormal dan Program Pendidikanya" karya Sutartinah Tirtonegoro, sedangkan faktor pendukung dan penghambat pendidikan anak supernormal dapat dibaca pada bab V skripsi ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauzi, Anang--UNSPECIFIED
Subjects: Pesantren
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Pendidikan; Anak Supernormal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 May 2019 03:48
Last Modified: 29 May 2019 03:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32073

Actions (login required)

View Item View Item