Kegiatan Bahtsul Masail santri di Pondok Pesantren Bahrul 'Ulum Tambakberas Jombang dalam prespektif pembelajaran kontekstual

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayatullah, Muhammad Syarif (2011) Kegiatan Bahtsul Masail santri di Pondok Pesantren Bahrul 'Ulum Tambakberas Jombang dalam prespektif pembelajaran kontekstual. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Syarif Hidayatullah_D01207112.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31902

Abstract

Pembelajaran Kontekstual merupakan pembelajaran yang membantu siswa untuk mengaitkan materi dengan kehidupan nyata. Pembelajaran kontekstual pertama kali digunakan di Amerika sebagai respon dari merosotnya pendidikan yang ada. Dimana pembelajaran kontekstual lebih menekankan pada siswa yang aktif secara penuh untuk memahami materi pelajaran. Pondok pesantren merupakan lembaga tertua di Indonesia. Pesantren memiliki ciri khas sendiri sebagai lembaga islam yang berorientasi pada kajian keislaman. Selama ini proses pembelajaran di pesantren dikenal dengan pembelajaran tradisional atau konvensional dengan menggunakan kitab kuning sebagai ciri khas nya. Namun, dalam pesantren ada tradisi diskusi atau musyawarah membahas tentang masalah-masalah agama yang timbul di masayarakat dan dicarikan hukumnya melalui kitab kuning sebagi rujukan. Hal ini yang sering kali dikenal sebagai forum Bahtsul Masail. Dari latar belakang diatas dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut: (1) apakah forum Bahtsul Masail yang ada di Pondok Pesantren Bahrul 'Ulum sebagai bentuk dari Pembelajaran Kontekstual? (2). Apakah faktor-faktor yang menghambat dan mendukung pelaksanaan Bahtsul Masail? Untuk menjawab pertanyaan diatas penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dan dalam pengambilan data diperoleh melauli beberapa teknik. Diantaranya, interview, dokumentasi, dan observasi. Dalam penelitian disimpulkan bahwa kegiatan Bahtsul Masail yang ada di Pondok Pesantren Bahrul 'Ulum Tambakberas Jombang dapat dikatakan sebagai pendekatan pembelajaran Kontekstual dengan melihat dari karakteristik yang dimiliki oleh pembelajaran kontekstual.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayatullah, Muhammad Syarif--UNSPECIFIED
Subjects: Pesantren
Keywords: Bahtsul Masail; santri; pembelajaran kontekstual
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Apr 2019 08:58
Last Modified: 30 Apr 2019 08:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31902

Actions (login required)

View Item View Item