Studi komparasi prestasi belajar siswa yang tinggal di pesantren dengan siswa yang tinggal di luar pesantren di MA Bustanul Ulum Desa Tanggng Prigel Kec. Glagah Kab. Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Darojat, Zakiyah (2010) Studi komparasi prestasi belajar siswa yang tinggal di pesantren dengan siswa yang tinggal di luar pesantren di MA Bustanul Ulum Desa Tanggng Prigel Kec. Glagah Kab. Lamongan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zakiyah Darojat_D01206107.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30997

Abstract

Lingkungan merupakan komponen yang cukup penting dan berpengaruh dalam membentuk prestasi belajar seseorang. Berangkat dari persepektif tersebut penulis berkeinginan untuk mengetahui seberapa jauh perbedaan prestasi belajar siswa yang tinggal di pesantren dengan siswa yang tinggal di luar pesantren. Dalam penelitian ini masalah yang dibahas adalah (1) Bagaiman prestasi belajar siswa MA Bustanul Ulum yang tinggal di pesantren? (2) Bagaimana prestasi belajar siswa MA Bustanul Ulum yang tinggal di luar pesantren? (3) Adakah perbedaan prestasi belajar siswa MA Buatanul Ulum yang tinggal di pesantren dengan siswa yang tinggal di luar pesantren? Hipotesis dalam penelitian in adalah (I) Ada perbedaan prestasi belajar siswa yang tinggal di pesantren dengan siswa yang tinggal di luar pesantren di MA Bustanul Ulum Tanggung Prigel, Glagah, Lamongan Tahun Ajaran 2009-20 I0. (2) Tidak ada perbedaan prestasi belajar siswa yang tinggal di pesantren dengan siswa yang tinggal di luar pesantren di MA Bustanul Ulum Tanggung Prigel, Glagah, Lamongan, Tahun Ajaran 2009-2010. Untuk membuktikan hipotesis yang dikemukakan diatas, maka peneliti menggunakan teknik perhitungan statistik, yaitu teknik uji-t. Rangcangan yang digunakan peneliti adalah Deskriptif Kuantitatif. Dalam penelitian ini peniliti menggunakan populasi dalam penelitian. Populasinya adalah siswa MA Bustanul Ulum sebanyak 108. Sedangkan sampel penelitian ini menggunakan Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi, observasi, angket, dan interview. Teknik analisis data yang penulis pergunakan untuk mengolah data yang terkumpul adalah menggunakan rumus uji-t (test-t). Hasil dari penelitian perhitungan uji-t (test-t) adalah 0,33 setelah dikonsultasikan dengan t-table, ternyata diketahui t hitung = 0,33 < dari nilai t-tabel, yang berarti ada perbedaan antara prestasi belajar siswa yang tinggal di pesantren dengan siswa yang tinggal di luar pesantren di MA Bustanul Ulum tetapi lemah dan tidak signifikan. Demikianlah hasil penelitian membuktikan bahwa ada perbedaan tapi lemah dan tidak signifikan, antara prestasi belajar siswa yang tinggal di pesantren dengan siswa yang tinggal di luar pesantren, di MA Bustanul Ulum Tanggung Prigel, Glagah, Lamongan Tahun Ajaran 2009- 2010.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Darojat, Zakiyah--UNSPECIFIED
Subjects: Pesantren
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Prestasi belajar siswa; pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Apr 2019 07:52
Last Modified: 09 Apr 2019 07:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30997

Actions (login required)

View Item View Item