Pelabuhan Gresik sebagai proses perdagangan dan Islamisasi abad XV-XVI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hilmiyyah, Dewi Roihanatul (2019) Pelabuhan Gresik sebagai proses perdagangan dan Islamisasi abad XV-XVI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Roihanatul Hilmiyyah_A92215031.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pelabuhan Gresik dalam Proses Perdagangan dan Islamisasi Abad XV-XVI M”. Dengan fokus permasalahan: (1) bagaimana gambaran umum kota Gresik? (2) bagaimana sejarah dan perkembangan pelabuhan Gresik? (3) bagaimana pelabuhan Gresik sebagai proses perdagangan dan Islamisasi? Dalam penulisan skripsi ini, menggunakan metode penelitian sejarah yaitu: Heuristik, Verifikasi, Interpretasi dan Historiografi. Penelitian ini menggunakan pedekatan sosio-historis dengan menggunakan Teori fungsional struktural yang pencetusnya adalah Talcott Parson. Teori Fungsionalisme Struktural, salah satu prespektif di dalam sosiologi yang memandang masyarakat sebagai satu sistem yang terdiri dari bagian-bagian yang saling berhubungan satu sama lain dan bagian yang satu tidak akan berfungsi. Dengan demikian masyarakat merupakan kumpulan sistem-sistem sosial yang satu sama lain yang berhubungan dan saling ketergantungan. Sistem sosial terdiri atas aktifitas-aktifitas manusia yang saling berinteraksi satu dengan yang lain setiap saat dan selalu mengikuti pola-pola tertentu berdasarkan adat, kebiasaan atau norma yang berlaku. Dari hasil penelitian ini menyimpulakan bahwa: (1) Gresik yang berada di pantai utara pantai Jawa menjadi pusat perdagangan sekaligus proses Islamisasi terjadi. Karena posisi Gresik yang strategis, Gresik lahir sebagai kota perdagangan dan kota bandar internasional. (2) pelabuhan muncul pada abad 14 M telah mampu menjadi pelabuhan utama dan kota dagang yang cukup penting pada masa kerajaan Majapahit. Dan kemajuan dari pelabuhan Gresik tidak lepas dari kebijakan seorang syahbandar yang telah mengatur pelabuhan dengan baik. (3) dijadikannya Gresik sebagai kota perdagangan internasional, menjadikan Gresik sebagai kota yang di kunjungi banyak pendatang. Di antaranya para saudagar Muslim dan para mubaligh untuk menyebarkan Islam di Pulau Jawa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hilmiyyah, Dewi Roihanatuldewiroihana@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Islam dan Humanisme
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Pelabuhan Gresik; perdagangan Islamisasi; abad XV-XVI
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Hilmiyyah Dewi Roihanatul
Date Deposited: 28 Jan 2019 02:50
Last Modified: 28 Jan 2019 02:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29107

Actions (login required)

View Item View Item