Sejarah perkembangan Pondok Pesantren Al Falah Pacul Bojonegoro tahun 1978-2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wibowo, Ahmad Edi (2018) Sejarah perkembangan Pondok Pesantren Al Falah Pacul Bojonegoro tahun 1978-2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ahmad Edi Wibowo_A92214077.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Adapun faktor penelitian yang dibahas dalam skripsi ini meliputi: 1) Bagaimana sejarah berdirinya Pondok Pesantren Al-Falah Pacul Bojonegoro? 2) Bagaimana perkembangan Pondok Pesantren Al-Falah Pacul Bojonegoro pada tahun 1978-2017? 3) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam perkembangan Pondok Pesantren Al-Falah Pacul Bojonegoro? Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah melalui tahapan-tahapan heuristik mengumpulkan sumber-sumber sejarah dengan cara wawancara dan arsip-arsip berupa akta pendirian pondok pesantren, verifikasi (kritik terhadap data), interpretasi, dan historiografi. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan historis. Sedangkan teorinya, penulis menggunakan dua teori yaitu: pertama, teori continuity and change oleh John Obert Voll. Kedua, teori challenge and response oleh Arnold J. Toynbee. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Pondok Pesantren Al-Falah Pacul Bojonegoro berdiri pada tahun 1978 oleh K. H. Masyhudi Hasan. Sebelum berdirinya Pondok Pesantren Al-Falah Pacul Bojonegoro, hanya merupakan sebuah majlis ta’lim yang diadakan untuk masyarakat pacul dan sekitarnya untuk belajar ilmu agama Islam. 2) Pondok Pesantren Al-Falah Pacul Bojonegoro mengalami perkembangan dari berbagai aspek yang meliputi perkembangan sarana dan prasarana, perkembangan santri, dan perkembangan progam kerja. Perkembangan dari segi sarana prasarana terlihat dari mushalla yang digunakan sebagai pusat aktifitas yang dilakukan oleh para santri kemudian memiliki aula dan beberapa ruangan untuk kegiatan para santri. Perkembangan santri Pondok Pesantren Al-Falah yang awalnya hanya berjumlah 5 orang santri sekakang hampir mencapai 500 orang santri. Sedangkan dalam progam kerja yang sebelumnya hanya fokus di pendidikan agama sekarang Pondok Pesantren Al-Falah juga memiliki progam kerja pendidikan formal yang berupa SMP Unggulan Al-Falah. 3) Pondok Pesantren Al-Falah dalam perkembangannya mengalami kemajuan dikarenakan beberapa faktor yang mempengaruhinya yaitu peran pendiri pondok pesantren, keluarga ndalem, dukungan dari masyarakat sekitar dan sarana prasarana yang dimiliki. Sedangkan faktor penghambat yaitu perilaku para santri, kaderisasi kepengurusan, dan sumber keuangan pondok pesantren.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wibowo, Ahmad Ediahmad.edi1996@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pesantren
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Sejarah Pondok Pesantren; Pondok Pesantren Al Falah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Wibowo Ahmad Edi
Date Deposited: 07 Nov 2018 08:25
Last Modified: 07 Nov 2018 08:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28397

Actions (login required)

View Item View Item