Peran pondok pesantren mahasiswa Al-Jihad Surabaya dalam meningkatkan religiusitas mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

siregar, Azwar Anas (2018) Peran pondok pesantren mahasiswa Al-Jihad Surabaya dalam meningkatkan religiusitas mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Azwar Anas Siregar_E92211053.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pesantren adalah lembaga pendidikan Islam yang sudah berdiri sejak ratusan tahun yang lalu. Di lembaga inilah diajarkan dan dididikan ilmu serta nilai-nilai agama kepada santri. Pada tahap awal pendidikan di pesantren tertuju semata- mata mengajarkan ilmu-ilmu agama saja lewat kitab-kitab klasik atau kitab kuning. Selanjutnya setelah masuknya ide-ide pembaharuan pemikiran Islam ke Indonesia, turut serta terjadinya perubahan dalam bidang pendidikan. Di dalam realitasnya, ternyata pesantren tidak hanya menjadi tempat untuk mengajarkan agama, pesantren juga dijadikan sebagai sarana dalam meningkatkan religiusitsas seseorang. Dengan begitu pesantren merupakan salah satu bagian dari program pelayanan masyarakat dalam meningkatkan nilai-nilai keagamaan seseorang. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan peran Pondok Pesantren dalam meningkatkan religiusitas Mahasiswa, (2) mendeskripsikan upaya pesantren dalam meningkatkan religiusitas Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya di Pondok Pesantren Al-Jihad Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat peran Pondok Pesantren Al-Jihad dalam meningkatkan religiusitas Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya dan menjadikan peraturan-peraturan dan kegiatan Pondok Pesantren sebagai sarananya, dalam penelitian ini juga terdapat beberapa factor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan religiusitas mahasiswa di Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Jihad Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
siregar, Azwar Anasazwarsiregar30@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Pesantren
Keywords: Peran; Pondok Pesantren; Religiusitas mahasiswa
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Siregar Azwar Anas
Date Deposited: 07 Nov 2018 04:33
Last Modified: 07 Nov 2018 04:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27854

Actions (login required)

View Item View Item