Sejarah perkembangan Pondok Pesantren Al Hidayah An Nuuriyah Klampok Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik (1988-2016)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qomariyah, Siti Nurul (2018) Sejarah perkembangan Pondok Pesantren Al Hidayah An Nuuriyah Klampok Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik (1988-2016). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Nurul Qomariyah_A02213091.pdf

Download (824kB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitisn lapangan yang berjudul “Sejarah Perkembangan Pondok Pesantren Al Hidayah An Nuuriyah Klampok Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik (1988-2016)”. Adapun permasalahan yang dibahas yaitu: 1) Bagaimana sejarah berdirinya Pondok Pesantren Al Hidayah An Nuuriyah Klampok Benjeng Gresik?, 2) Bagaimana perkembangan Pondok Pesantren Al Hidayah An Nuuriyah pada tahun 1988-2016?, 3) Bagaimana respon masyarakat dan pemerintah setempat terhadap keberadaan Pondok Pesantren Al Hidayah An Nuuriyah?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu (1) Heuristik adalah pengumpulan sumber-sumber, data atau sumber-sumber sejarah. (2) Kritik sumber adalah suatu kegiatan mengumpulkan data dalam tahap heuristik, diuji kembali guna memperoleh keabsahan atau kredibilitas sumber tersebut. (3) Interpretasi atau penafsiran. (4) Historiografi merupakan kegiatan menyusun atau merekontruksi fakta-fakta yang telah tersusun yang didaptakan dari penafsiran sejarawan terhadap sumber-sumber sejarah dalam bentuk tertulis. Dalam hal ini penulis menggunakan teori continuity and change yang pengaplikasiaanya dimasukkan dalam perkembangan, perkembangan tersebut menyangkut tradisi lama dan memasukkan tradisi baru. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Pondok Pesantren Al Hidayah An Nuuriyah berdiri tahun 1988 dengan tujuan mencetak santri yang fasih membaca Alquran, berpengetahuan luas, berkualitas, bertaqwa, dan mampu menyebarkan agama di masyarakat. Pada awalnya KH. Misbahuddin selaku pendiri pondok mengadakan pengajian dirumahnya, kemudian berita tersebut tersebar dan banyak yang menimba ilmu disana, karena banyak yang ingin mondok akhirnya dibangunlah pondok dan diberi nama Pondok Pesantren Al Hidayah An Nuuriyah, yang diambil dari nama istri mbah Ma’shum Lasem. 2) Perkembangan Pondok Pesantren Al Hidayah An Nuuriyah tahun 1988-2016 dapat dilihat dari perkembangan fisik. Awal dibangun hanya dengan bambu kemudian dibangun dengan menggunakan batu bata, bertambahnya jumlah bangunan gedung untuk pendidikan formal SMP, SMK dan TK. selain itu, jumlah santri nya setiap tahun semakin meningkat. 3) Respon masyarakat dan pemerintah setempat yang sangat positif terhadap Pondok Pesantren Al Hidayah An Nuuriyah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qomariyah, Siti Nurulnapashaalvaro@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pesantren
Sejarah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Qomariyah Siti Nurul
Date Deposited: 10 Aug 2018 03:24
Last Modified: 10 Aug 2018 03:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26979

Actions (login required)

View Item View Item