Peranan pelabuhan Tuban dalam proses Islamisasi di Jawa abad XV-XVI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rozi, Teguh Fatchur (2018) Peranan pelabuhan Tuban dalam proses Islamisasi di Jawa abad XV-XVI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Teguh Fatchur Rozi_A92214113.pdf

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini meliputi : (1) bagaimana gambaran umum Kota Tuban? (2) bagaimana kondisi Tuban pada masa kekuasaan kerajaan-kerajaan besar di Jawa? (3) apa peranan Tuban dalam proses islamisasi di Jawa? Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penelitian sejarah, yang terdiri dari heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosio-historis, dan memakai teori peranan menurut Soerjono Soekanto. Teori peranan adalah sebuah sudut pandang dalam sosiologi dan psikologi sosial yang menganggap sebagian besar aktivitas harian diperankan oleh kategori-kategori yang ditetapkan secara sosial. Peranan lebih banyak menunjukkan fungsi, penyesuain diri, dan sebagai suatu proses. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pada abad ke-16 letak geografis Tuban berbatasan dengan Sidayu disebelah timur, dan disatu sisi yang lain Tuban berbatasan dengan Negeri Cajongam dan Rembang. Pusat pemerintahan Kadipaten Tuban kuno terletak di Desa Prunggahan Kulon (sekarang). Tuban yang menjadi pusat perniagaan internasional saat itu, banyak ditemukan pedagang di sekitar pelabuhan. Adanya tiga macam pedagang di Tuban saat itu, yaitu abakul, adagang dan bonyaga. (2) Tuban pada masa kekuasaan kerajaan-kerajaan besar di Jawa memberikan banyak kontribusi bagi kemakmuran kerajaan-kerajaan yang membawahinya. Dulu, Tuban dijadikan sebagai pusat militer dan pusat perdagangan internasional. Kerajaan-kerajaan besar di Jawa yang membawahi Tuban adalah Kerajaan Kahuripan, Jenggala, Kadiri, Singasari, Majapahit dan Demak. (3) dijadikannya Tuban sebagai pusat pelabuhan internasional, menjadikan Tuban sebagai kota yang di kunjungi banyak pendatang. Banyak pendatang dari mancanegara di Tuban, diantaranya para saudagar Muslim dan para mubaligh untuk menyebarkan Islam di Pulau Jawa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rozi, Teguh Fatchurtegoeh950@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Islam dan Humanisme
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Pelabuhan Tuban; Islamisasi di Jawa
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Rozi Teguh Fatchur
Date Deposited: 09 Aug 2018 04:38
Last Modified: 09 Aug 2018 04:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26934

Actions (login required)

View Item View Item