Epistemologi Tafsir surat Al-Iklash karya kiai Ahmad Yasin bin Asmuni

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Irwan, Syamsul (2018) Epistemologi Tafsir surat Al-Iklash karya kiai Ahmad Yasin bin Asmuni. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syamsul Irwan_E73213145.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tafsir surat Al-Iklash karya Ahmad Yasin merupakan salah satu kitab tafsir karya anak bangsa yang masih banyak dikaji dalam halaqoh-halaqoh dipesantren salaf nusantara. Kitab ini memiliki pola penyusunan yang unik, yaitu menggabungkan pola lama dari segi kekayaan materi pembahasan dan pola baru dari segi metode, bila dilihat dari tahun diterbitkannya kitab ini termasuk yang berani tampil beda mengingat pada tahun 90 an kitab tafsir karya anak negri kebanyakan bercorak Adabi Ijtima’I, kemudian menggunakan sistematika penulisan serta gaya penuangan materi yang sederhana. Fokus penelitian di sini adalah ekplorasi dan elaborasi Tafsir surat al-iklash dari perspektif disiplin keilmuan epistemologi tafsir dimana tujuan utamanya adalah memperoleh jawaban dari pertanyaan seputar: 1) Apa sumber-sumber yang digunakan Ahmad Yasin dalam tafsirnya?; 2) Bagaimana metode dan bentuk yang digunakan Ahmad Yasin dalam tafsirnya?; 3) Bagaimana validitas penafsiran Ahmad Yasin dalam kitab tafsir surat Al-iklash?.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-analitis dengan menggunakan kerangka pembacaan epistemik. Kerangka epistemologis di maksudkan untuk menguak epistemologi tafsir surat Al-iklash. Adapun Validitas kebenaran penafsirannya diuji melalui tiga teori kebenaran Koherensi, korespondensi dan pragmatis yang merupakan tiga komponen pokok dalam membuktikan kebenaran sebuah pengetahuan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa sumber yang dirujuk oleh Ahmad Yasin selama melakukan aktifitas penafsiran antara lain meliputi al-Qur’an, Hadis Nabi, pendapat sahabat, pendapat tabi’in, pendapat ulama, ra’y, dan beberapa kitab tafsir sebelumnya. Sementara metode tafsir yang digunakan adalah metode Maudhu’i. Dari segi bentuknya, kitab tafsir ini tergolong tafsir bi al-ra’yu. Untuk validitas penafsiran, penulis berkesimpulan bahwa hasil dari penelitian dari tafsir surat Al-iklash yakni, 1). Tafsir ini coherence antara hasil penafsiran dengan proposisi-proposisi yang dibangun sebelumnya. 2). Correspondence, sesuai dengan fakta empiris. 3). Pragmatism, tafsir ini memiliki nilai solutif dan sesuai kepentingan transformasi umat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Irwan, Syamsulirwan.betmenn@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Aqaid dan Ilmu Kalam
Filsafat
Pesantren
Al Qur'an
Keywords: Epistemologi, Tafsir surat Al-iklash.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Irwan Syamsul
Date Deposited: 19 Mar 2019 08:57
Last Modified: 19 Mar 2019 08:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26884

Actions (login required)

View Item View Item