Peran K.H Muh Yahdi Mathlab dalam mengembangkan Pondok Pesantren Bidayatul Hidayah Mojogeneng Jatirejo Mojokerto (1960-1991)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhan, Dianingtyas (2018) Peran K.H Muh Yahdi Mathlab dalam mengembangkan Pondok Pesantren Bidayatul Hidayah Mojogeneng Jatirejo Mojokerto (1960-1991). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Dianingtyas Ramadhan_ A72214058.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peran KH. Muh Yahdi Mathlab dalam mengembangkan Pondok Pesantren Salafiyah Bidayatul Hidayah Mojogeneng Jatirejo Mojokerto (1960 – 1991). Peneliti memberikan batasan permasalahan pada tiga hal, yaitu : (1). Bagaimana Biografi KH. Yahdi Mathlab? (2). Bagaimana Sejarah dan Perkembangan Pondok Pesantren Salafiyah Mojogeneng Jatirejo Mojokerto? (3). Bagaimana Peran KH Yahdi Mathlab dalam mengembangkan Pondok Pesantren Salafiyah Mojogeneng Jatirejo Mojokerto?. Penulisan skripsi ini disusun menggunakan metode penelitian sejarah, yaitu Heuristik (pengumpulan sumber), Verifikasi (kritik sumber), Interpretasi (penafsiran sumber) dan Historiografi (penulisan sejarah). Pendektan yang digunakan adalah pendekatan historis perspektif diakronis (mendeskripsikan peristiwa yang terjadi pada masa lampau secara kronologis yang berdimensi waktu). Sedangkan teori yang digunakan untuk menganalisis adalah teori dari ilmu Sosiologi, yaitu teori peran Levinson dan teori kepemimpinan Max Webber. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) kyai Yahdi lahir pada tahun 1917 M di desa Mojogeneng Jatirejo Mojokerto dan putra dari Kyai Yahdi pernah bersekolah di sekolah MAN Tambak Beras Jombang dan mondok di pesantren Tambak Beras Jombang. (2). Kyai Yahdi Mendirikan Pondok Pesantren Bidayatul Hidayah 1960 dan diresmikan pada tahun 2008 dan perkembangan pondok Salafiyah Bidayatul Hidayah sangatlah pesat dari bentuk fisik maupun non fisik. (3). Peran Kyai dalam mengembangkan Pondok Salafiyah Bidayatul Hidayah dalam bentuk fisik adalah membangun sarana dan prasarana seperti gedung asrama, sekolahan, da laboratorium sedangkan dalam bentuk non fisik adalah memberikan pendidikan agama, pendidikan umum, dan extra kulikuler.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhan, DianingtyasTyastramadhan@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kebudayaan
Pesantren
Sejarah Peradaban Islam
Kebudayaan > Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Ramadhan Dianingtyas
Date Deposited: 09 Aug 2018 01:48
Last Modified: 09 Aug 2018 01:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26735

Actions (login required)

View Item View Item