Sejarah perkembangan Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum di Tambakberas Jombang 1987-2006

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

An Nasyith, Noval (2018) Sejarah perkembangan Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum di Tambakberas Jombang 1987-2006. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Noval An Nasyith_A92214090.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudu “Sejarah Perkembangan Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Di Tambakberas Jombang 1987-2006” secara garis besar fokus pembahasan yang ditulis dalam skripsi ini meliputi: (1) Perkembangan Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum (2) Biografi K H. M. Sholeh Abdul Hamid (3) Strategi K H. M. Sholeh Abdul Hamid Dalam Mengembangkan Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum. Penulisan skripsi ini disusun dengan menggunakan metode penelitian sejarah, yaitu Heuristik (mencari dan menemukan data), Verifikasi (kritik sumber), Interpretasi (penafsiran), dan Historiografi (penulisan). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Historis dan Sosiologis diamana kiai Sholeh Abdul Hamid dapat mengharumkan Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum dalam bumi nusantara. Teori teori Continuity and Change (kelanjutan dan perubahan). Menurut pendapat John Obert Voll Islam merupakan suatu kekuatan yang dinamis dalam dunia kontemporer pada tahun 1980, keadaan ini mengejutkan banyak orang dan memunculkan isu-isu besar tentang hakekat kehidupan masa depan masyarakat di dunia modern dan menimbulkan krisi bagi pembuat kebijakan
Hasil dari penulisan skipsi ini menyimpulkan bahwa 1) Pondok pesantren Tambakberas didirikan oleh mbah Shoicah 1825 yang masih hutan blantara kemudian di jadikan perkampungan penduduk. Kepemimpinan kiai Sholeh dalam Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum otoritas tidak lagi mutlak melainkan bersifat kolektif dengan dibantu oleh para dzuriyah bani Chasbulloh. 2) kiai Sholeh merupakan keturunan dari kiai tulen dengan figure yang teduh dengan gaya kiai deso tetapi jiwanya nasional. Beliau kiai Sholeh sebagai pengurus dan pengasuh dapat mengharumkan nama baik Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum ke nusantara 3) penyelenggaraan pertemuan alumni tingkat nasional yang dihadiri 500 alumni dengan latar belakang profesi yang berbeda yang kemudian tercetuslah organisasi yang sifatnya kekeluargaan dan sosial diberi nama IKABU. Dari tahun 2003 membludaknya santri yang dihuni hampir 1000-an santri yang berasal dari Jawa maupun luar Jawa dan juga Malaysia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
An Nasyith, Novalnovalannasyith007@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah > Sejarah Indonesia
Pesantren
Keywords: Sejarah; Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Nasyith Noval An
Date Deposited: 08 Aug 2018 07:00
Last Modified: 08 Aug 2018 07:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26555

Actions (login required)

View Item View Item