Potensi dan peran pesantren dalam mengembangkan ekonomi masyarakat: studi pada Pondok Pesantren Miftahul Ulum Panyeppen Pamekasan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wadi, Moh. (2018) Potensi dan peran pesantren dalam mengembangkan ekonomi masyarakat: studi pada Pondok Pesantren Miftahul Ulum Panyeppen Pamekasan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Moh. Wadi_F12416277.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Ekonomi di Indonesia khususnya dimasyarakat masih banyak menghadapi persoalan-persoalan dasar yang serius dan harus ditangani seperti: tingginya angka kemiskinan, pengangguran, penyediaan lapangan kerja dan lain sebagainya, sedangkan trobosan dan program pemerintah tidak mampu untuk mengatasi permasalahan di atas secara menyeluruh dan merata maka diperlukan adanya lembaga atau instansi yang bisa membantu untuk mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran tersebut. Pesantren adalah salah satu lembaga yang mempunyai peranan penting dalam kemerdekaan Indonesia juga dianggap mempunyai potensi dan peran dalam mengembangkan ekonomi masyarakat guna untuk membantu pemerintah dalam usaha mengurangi kemiskinan dan pengangguran, salah satu contoh adalah aktivitas ekonomi yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Miftahul Ulum Panyeppen Palengaan Pamekasan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: apa saja potensi pesantren dalam mengembangkan ekonomi masyarakat, bagaimana peran dan aktifitas pesantren dalam mengembangkan ekonomi masyarakat, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan ekonomi masyarakat. Untuk menjawab beberapa pertanyaan ini, dilakukan penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif. Lokasi penelitian yang dipilih yaitu Pondok Pesantren Miftahul Ulum Panyeppen Pamekasan. pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan metode dokumentasi terhadap sumber terkait. Analisis data menggunakan melalui tiga cara, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Potensi yang dimiliki pesantren dalam mengembangkan ekonomi masyarakat adalah pendidikan formal, santri, alumni, simpatisan, masyarakat dan madrasah ranting/berafiliasi. 2). Peran dan aktifitas pesantren dalam mengembangkan ekonomi masyarakat pertama pemberian modal usaha melalui qarḍ al-hasan dan peminjaman modal usaha untuk masyarakat yang kekurangan dan membutuhkan modal usaha yang disertai dengan pelatihan kewirausahaan secara intensif dan berkala, kedua penyediaan lapangan pekerjaan dengan menjadi karyawan pada lembaga ekonomi dan intansi pendidikan yang dikelola oleh yayasan Al-Miftah seperti karyawan BMT, KOIM Swalayan. ketiga penyedian kios-kios untuk masyarakat bisa berdagang. keempat pemberian biasiswa pada santri berprestasi hal ini untuk mengembangkan pendidikan anak. 3). Faktor pendukung yaitu cita-cita pengasuh, pemberdayaan SDM, kerjasama dengan lembaga lain dan konsumen tetap dan jelas, adapun faktor penghambat adalah persaingan semakin ketat dan kompetitif, keterbatasan knowledge karyawan, usaha berjangka waktu dan datangnya risiko alam secara tiba-tiba.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wadi, Moh.wadiallsalam@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pesantren
Potensi
Keywords: Potensi pesantren; peran pesantren; ekonomi masyarakat
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Wadi Moh.
Date Deposited: 02 Aug 2018 01:22
Last Modified: 02 Aug 2018 01:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25842

Actions (login required)

View Item View Item