Pengembangan progam pendidikan pesantren berdasarkan bakat minat santri : studi multi kasus pada pondok putri pesantren Tebuireng dan pondok pesantren putri Walisongo Cukir Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Khurrotul (2018) Pengembangan progam pendidikan pesantren berdasarkan bakat minat santri : studi multi kasus pada pondok putri pesantren Tebuireng dan pondok pesantren putri Walisongo Cukir Jombang. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Khurrotul Aini _ F02316057.pdf

Download (27MB) | Preview

Abstract

Pada dasarnya pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang terbentuk dari, oleh, dan untuk masyarakat. Maka sudah seharusnya pesantren harus memiliki tujuan yang sejalan dengan situasi dan kondisi yang terus berkembang di masyarakat. Hidup di era globalisasi yang serba canggih dan ditengah pesatnya perkembangan teknologi saat ini berdampak pada banyaknya masalah yang bermunculan diantaranya adalah krisis lingkungan, citra Islam, sekularisasi kehidupan, dan krisis ilmu pengetahuan dan teknologi karena semakin berkembang pesat dan tidak terkendali. Sebagai lembaga sosial dan keagamaan pesantren harus tanggap serta mampu melakukan perubahan perubahan yang tidak hanya difokuskan pada pengembangan pendidikan formal saja, namun yang lebih penting adalah bagaimana pesantren mampu mengajarkan dan menanamkan nilai nilai agama, yang diajarkan dalam bentuk pembelajaran al Qur’ān dan kitab kuning atau juga bahasa (Arab dan Inggris). Oleh karena itu penting seharusnya dilakukan penelitian tentang pengembangan progam pendidikan pesantren berdasarkan bakat minat santri pada pesantren yang menerapkan model pembelajarannya dalam bentuk campuran (kombinasi), semi salaf dan semi modern. Agar suatu hari nanti ketika santri telah tamat dari pesantren mereka dapat menguasai ilmu agama sekaligus ilmu umumnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian yang menggunakan rancangan field research. Dengan data dan sumber utama (kata kata dan tindakan) dan data tambahan (dokumen, foto, dan sebagainya). Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian hasil dari pengumpulan data tersebut dianalisis secara dua tahap, yakni analisis data individu (individual case) dan analisis data lintas kasus (cross case analysis). Berdasarkan hasil temuan penelitian, bahwa pesantren yang memiliki model pembelajaran kombinasi, semi salaf dan semi modern yang kemudian mengembangkan progam pendidikannya berdasarkan bakat minat santri. Dapat menghasilkan santri yang berprestasi tidak hanya dalam ilmu umum saja melainkan juga dalam ilmu agama, berdasarkan pada bakat minat mereka masing masing pada bidang tahfiẓ al Qur’ān, kitab kuning, dan ilmu bahasa (Arab dan Inggris).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, Khurrotulkhurrotulaini06@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pesantren
Keywords: Pendidikan; Pesantren; Bakat; Minat
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aini Khurrotul
Date Deposited: 31 Jul 2018 06:44
Last Modified: 31 Jul 2018 06:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25720

Actions (login required)

View Item View Item