Studi komparasi prestasi belajar mata pelajaran Tafsir antara siswa yang tinggal di PPTQ al-Asror dengan yang tinggal di rumah pada siswa program keagamaan di MAN Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ainie, Ainie (2018) Studi komparasi prestasi belajar mata pelajaran Tafsir antara siswa yang tinggal di PPTQ al-Asror dengan yang tinggal di rumah pada siswa program keagamaan di MAN Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ainie_D71214029.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar menunjukkan kemampuam siswa yang sebenarnya telah mengalami proses pengalihan ilmu pengetahuan. Jadi dengan adanya prestasi belajar, orang dapat mengetahi seberapa jauh siswa dapat menangkap materi tertentu. Akan tetapi pada kenyataan sering tidak sesuai dengan yang diharapkan, dimana prestasi belajar belum tentu dapat dicapai dengan baik. Hal ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik yang datang dari dakam diri siswa maupun dari luar diri siswa. Bila ditinjau dari luar diri siswa (eksternal) terdaoat satu faktor yang menjadi variabel penelitian ini yaitu lingkungan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui prestasi belajar mata pelajaran Tafsir siswa yang tinggal di PPTQ Al-Asror pada program kegamaan di MAN Bangkalan. (2) Untuk mengetahui prestasi belajar mata pelajaran Tafsir siswa yang tingal di rumah pada program kegamaan di MAN Bangkalan. (3) Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar mata pelajaran tafsir antara siswa yang tinggal di PPTQ Al-Asror dengan yang di rumah pada program kegamaan di MAN Bangkalan. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka digunakan metode kuantitatif dengan jenis kuatitatif dan deskriptif. Respondennya adalah siswa program keagamaan yang tinggal di PPTQ Al-Asror dan yang tinggal di rumah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara Uji T selanjutnya di paparkan dan ditarik keimpula. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar mata pelajaran tafsir antara siswa yang tinggal di PPTQ Al-Asror dan yang tinggal dirumah pada siswa program keagamaan di MAN Bangkalan, hal ini diketahui dari hasil pengujian yang menunjukkan thitung = 3,438 > ttabel (0,05) 1,69 maka Hipotesis alternatif (Ha) diterima dan tolak Hipotesis nihil (H0), kesimpulan yang dapat diambil adalah terdapat perbedaan prestasi belajar Tafsir antara siswa yang tinggal di PPTQ Al-Asror dengan yang tinggal dirumah pada siswa program keagamaan di MAN Bangkalan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ainie, Ainieainiemickey11@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pesantren
Pendidikan > Prestasi Belajar
Pendidikan > Tes Belajar
Tafsir
Keywords: Prestasi belajar; lingkungan belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syabani Ainie
Date Deposited: 02 May 2018 02:34
Last Modified: 02 May 2018 02:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24522

Actions (login required)

View Item View Item