Sejarah perkembangan Pondok Pesantren At Taroqqi Karongan Tanggumong Sampang tahun 1963-2016 M

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aisa, Nuri (2018) Sejarah perkembangan Pondok Pesantren At Taroqqi Karongan Tanggumong Sampang tahun 1963-2016 M. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nuri Aisa_A82213163.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan. Adapun rumusan masalah sebagai berikut: 1). Bagaimana Sejarah Berdirinya Pondok Pesantren At Taroqqi Karongan Tanggumong Sampang? 2). Bagaimana Perkembangan Pondok Pesantren At Taroqqi Karongan Tanggumong Sampang? 3). Bagaimana Faktor Penghambat dn Pendukung Pondok Pesantren At Taroqqi Karongan Tanggumong Sampang? Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang mencakup heuristik, kritik sumber, interpretasi dan historiografi. Penulis menggunakan pendekatan sosiologis yang mencakup teori peranan yang berperan penting dalam keagamaan di pondok pesantren At Taroqqi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1). Pondok pesantren At Taroqqi didirikan oleh KH. Ma’mun Muhammad tahun 1963, yang bertujuan untuk memperbaiki dan membangun jiwa masyarakat yang sesuai dengan ajaran-ajaran Islam. 2). Pondok pesantren At Taroqqi mengalami perkembanganmelalui bebrapa periode, periode awal yaitu KH. Ma’mun Muhammad pada tahun (1968-1973 M), kemudian periode kedua oleh kakanya yaitu KH. Alawy Muhammad pada tahun (1973-2014 M) selanjutnya pada periode ketiga oleh KH. Achamd Fauroq Alawy LC yaitu pada tahun (2014-2016 M). Perkembangan pesat pondok terjadi pada masa kepemimpiunan KH. Alawy Muhammad, dengan keuletan, kesabaran dan keteladanan beliau.3). Adapun faktor pendukung adalah adanya peran aktif pendiri pesantren, adanya kinerja pengurus yang baik, dukungan positif tokoh masyarakat dan dukungan pemerintah desa maupun kota. Sedangkan faktor penghambat adalah pola prilaku santri dan siswa yang terkadang sulit diatur, kurangnya pendanaan, serta masyarakat kurang memahami seluk beluk pesantren

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aisa, Nurinuriaisa95@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pesantren
Sejarah
Keywords: Sejarah Pondok Pesantren; At Taroqqi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Aisa Nuri
Date Deposited: 12 Apr 2018 05:35
Last Modified: 12 Apr 2018 05:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24125

Actions (login required)

View Item View Item