Peran Nyai Hj Machfudhoh Aly Ubaid dalam mengembangkan Pondok Pesantren Putri al-Lathifiyyah 1 Bahrul Ulum Tambakberas Jombang (1994-2016)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Latifah, Lailatul (2018) Peran Nyai Hj Machfudhoh Aly Ubaid dalam mengembangkan Pondok Pesantren Putri al-Lathifiyyah 1 Bahrul Ulum Tambakberas Jombang (1994-2016). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Latifah_A92214102.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peran Nyai HJ. Machfudhoh dalam Mengembangkan Pondok Pesantren Putri al-Lathifiyyah 1 Bahrul Ulum Tambakberas Jombang (1994-2016)”. Adapun fokus penelitian yang dibahas dalam skripsi ini adalah: 1) Siapa Nyai Machfudhoh Aly Ubaid? 2) Bagaimana Profil Pondok Pesantren Putri al-Lathifiyyah 1 Bahrul Ulum Tambakberas Jombang? 3) Bagaimana Peran Nyai Machfudhoh dalam Mengembangkan Pondok Pesantren Putri al-Lathifiyyah 1 Bahrul Ulum Tambakberas Jombang? Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian sejarah dengan langkah-langkah sebagai berikut: Heuristik (pengumpulan data), Verifikasi (mengkritisi data yang diperoleh, terdapat kritik intern dan kritik ekstern), Interpretasi (penafsiran data) dan Historiografi (penulisan sejarah). Penulisan ini menggunakan pendekatan sosiologi, yaitu pendekatan yang digunakan untuk memaparkan peristiwa-peristiwa yang dialami tokoh bersama masyarakat. Melalui pendekatan sosiologi diharapkan mampu mengungkap peristiwa-peristiwa yang terjadi dari sisi sosial kehidupan Nyai Machfudhoh dalam masyarakat. Teori yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah teori peranan yang dikemukakan oleh Levinson, Peranan adalah suatu konsep tentang apa yang dapat dilakukan oleh individu dalam masyarakat sebagai organisasi. Dari hasil penelitian penulis menyimpulkan bahwa: 1) Nyai Machfudhoh merupakan pengasuh pondok pesantren putri al-Lathifiyyah 1 Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Ia lahir di Jombang pada tanggal 12 Maret 1944. Ia menjadi pengasuh pondok pesantren putri al-Lathifiyyah 1 setelah menerima estafet kepengasuhan dari ibundanya. 2) Pondok pesantren putri al-Lathifiyyah 1 berdiri abad ke 20 atas inisiatif Nyai Latifah yang dipelopori oleh KH. Abdul Wahab. Perkembangannya tidak lepas dari peranan para pengasuh, yaitu: Nyai Latifah, Nyai Sa’diyah dan Nyai Machfudhoh. 3) Peran Nyai Machfudhoh dalam mengembangkan Pondok Pesantren Putri al-Lathifiyyah 1 Bahrul Ulum Tambakberas Jombang dari segi fisik adalah pembangunan aula, penambahan ribath al-layyinah dan as-sa’diyah, perpustakaan, ruang warnet, dapur, ruang makan, gedung serba guna al-Machfudhoh, ruang laundry dan jemuran. Kemudian pengembangan non fisik, ia mengubah sistem pendidikan pesantren dari yang klasik menjadi Madrasah Diniyah, namun tidak merubah bentuk klasiknya. Selain perannya dalam mengembangkan pesantren ia juga berperan di organisasi masyarakat NU seperti, membentuk HIDMAT (Himpunan Da’iyah Muslimat Fatayat), mendirikan IHM (Ikatan Haji Muslimat) dan YHM (Yayasan Haji Muslimat).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Latifah, LailatulHifalatifah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pesantren
Sejarah
Santri
Keywords: Pesantren Putri; Bahrul Ulum Tambakberas
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Latifah Lailatul
Date Deposited: 02 Mar 2018 07:30
Last Modified: 02 Mar 2018 07:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23751

Actions (login required)

View Item View Item