Pengaruh kebijakan pelayanan kesehatan rumah sakit terhadap kepuasan pasien pemegang kartu BPJS kelas III di Rumah Sakit Islam A.Yani Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sawaludin, Zazan (2018) Pengaruh kebijakan pelayanan kesehatan rumah sakit terhadap kepuasan pasien pemegang kartu BPJS kelas III di Rumah Sakit Islam A.Yani Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Zazan Sawaludin_E04212010.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Adapun rumusan masalah pertama yang dibahas dalam penelitian ini adalah:”Bagaimana implementasi kebijakan pelayanan kesehatan rumah sakit dalam mewujudkan kepuasan pasien pemegang kartu BPJS kelas III di Rumah Sakit Islam A.Yani Surabaya”, kedua:“Bagaimana tingkat kepuasan pasien pemegang kartu BPJS kelas III di Rumah Sakit Islam A.Yani Surabaya”, dan ketiga: “Seberapa besar pengaruh kebijakan rumah sakit terhadap kepuasan pasien pemegang kartu BPJS kelas III di Rumah Sakit Islam A.Yani Surabaya”, Penelitian ini bertujuan: pertama:Untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan pelayanan kesehatan rumah sakit dalam mewujudkan kepuasan pasien pemegang kartu BPJS kelas III di Rumah Sakit Islam A.Yani Surabaya. Kedua:Untuk mengukur tingkat kepuasan pasien pemegang kartu BPJS kelas III di Rumah Sakit Islam A.Yani Surabaya. Ketiga:Untuk mengevaluasi seberapa besar pengaruh kebijakan layanan kesehatan rumah sakit terhadap kepuasan pasien pemegang kartu BPJS kelas III di Rumah Sakit Islam A.Yani Surabaya.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian bersifat korelasional dan dianalisis menggunakan regresi linier sederhana. Jumlah Populasi dalam penelitian ini berjumlah 205 pasien, dan Sampel dalam penelitian ini berjumlah 136 pasien, yang diambil secara elimination. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: Pertama: Dari hasil data yang di peroleh bahwa implementasi kebijakan pelayanan kesehatan di rumah sakit islam A.Yani Surabaya tergolong sangat baik terdapat 87 (64%) pasien yang menjawab sangat baik.Kedua:Dari hasil data yang di peroleh bahwa tingkat kepuasan pasien pemegang kartu BPJS kelas III di rumah sakit islam A.Yani Surabaya tergolong baik terdapat 92 (68%) pasien yang menjawab Baik, dan ketiga: Berdasarkan hasil perhitungan statistik dengan spss versi 23.0 diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang cukup kuat antara kebijakan pelayanan kesehatan rumah sakit terhadap kepuasaan pasien pemegang kartu BPJS kelas III di Rumah Sakit Islam A.Yani Surabaya artinya 21,9% kepuasan pasien pemegang kartu BPJS kelas III di Rumah Sakit Islam A.Yani Surabaya dipengaruhi oleh kebijakan pelayanan kesehatan rumah sakit, sisanya sebesar 78,1% dipengaruhi oleh faktor lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sawaludin, Zazansjonieh@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum
Kesehatan
Kesehatan

Kesejahteraan Sosial
Keywords: Kebijakan Rumah Sakit; Pelayanan Kesehatan; BPJS
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Politik Islam
Depositing User: Sawaludin Zazan
Date Deposited: 15 Feb 2018 06:45
Last Modified: 15 Feb 2018 06:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23199

Actions (login required)

View Item View Item