Pengorganisasian kelompok petani organik dalam upaya mengurangi ketergantungan Pupuk Kimia di Desa Rejosari Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yusuf, Riki Achmad (2018) Pengorganisasian kelompok petani organik dalam upaya mengurangi ketergantungan Pupuk Kimia di Desa Rejosari Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Riki Ahmad Yusuf_B72213061.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengorganisasian petani. Tujuan dari pengorganisasian ini untuk menguatkan petani akibat melemahnya ketahan pangan. Hal ini mengakibatkan oleh petani yang masih mempertahankan sistem pertaniannya tidak ramah lingkungan. Banyak dari kegiatan petani yang masih menggunakam bahan kimia meski petani sudah mengetahui pestisida yang digunakan selama ini adalah bahan-bahan kimia.etani Desa Rejosari terbelit oleh masalah. Permasalahan yang ada pada saat ini adalah para petani Desa Rejosari masih menggantungkan adanya pupuk kimia, sehingga petani terbelit dalam penguasa kapitalis. Pasalnya, jika sistem pertanian kimia ini terus-menerus diterapkan maka akan mengancam ketahanan pangan. Oleh karena itu harus ada jalan keluar dari masalah terbelitnya petani dalam ketergantungan pupuk kimia. Mengubah cara pandang petani memang diperlukan usaha yang keras. Dibutuhkan usaha dan kerjasama dalam membangun kesadaran petani, dari berbagai proses koordinasi dengan pengurus dan pemerintah desa alhasil diperoleh untuk mengenalkan serta memahamkan pertanian berkelanjut demi kelancaran untuk menjadikan petani swasembada dan tidak ketergantungan pada pihak yang berkuasa. Merode penelitian yang digunakan dalam penelitian memakai metode Participatory Action Reseacrh (PAR). Hal yang mendasari dilakukannya PAR adalnya ketimpangan. Langkah untuk melakukan perubahan di mulia dari membangun hubungan kemanusiaan, observasi, merumuskan masalah, perencanaan, stategi tindakan, melancarkan aksi perubahan dan langkah terakhir rerleksi dari semua yang dilakukan saat pendampingan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yusuf, Riki Achmadrikiachmadyusuf@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Keywords: Pengorganisasian: Swasembada
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Yusuf Riki Achmad
Date Deposited: 15 Feb 2018 02:29
Last Modified: 15 Feb 2018 02:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23160

Actions (login required)

View Item View Item