Sejarah perkembangan yayasan pondok pesantren Safinatul Huda Rungkut Tengah Surabaya tahun 1998-2016

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitrihafsari, Anisya (2017) Sejarah perkembangan yayasan pondok pesantren Safinatul Huda Rungkut Tengah Surabaya tahun 1998-2016. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (910kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dari judul tersebut muncul beberapa pembahasan yang menjadi kajian skripsi ini sebagaimana tercantum dalam rumusan masalah, yaitu: (1) Bagaimana sejarah berdirinya Yayasan Pondok Pesantren Safinatul Huda 1998-2016 (2) Bagaimana perkembangan Yayasan Pondok Pesantren Safinatul Huda 1998-2016 (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat perkembangan Yayasan Safinatul Huda. Penulisan skripsi ini disusun dengan menggunakan metode penelitian sejarah yaitu heuristik (pengumpulan data), verifiikasi (kritik terhadap data), interpretasi (penafsiran) dan historiografi (penulisan sejarah). Pendekatan yang digunakan penulis untuk menjawab permasalahan tersebut menggunakan pendekatan menggunakan pendekatan historis perspektif diakronis dan pendekatan sosiologi. Pendekatan historis adalah suatu ilmu yang didalamnya dibahas berbagai peristiwa dengan memperhatikan unsur tempat, waktu, obyek, latar belakang, dan pelaku dari peristiwa tersebut. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teori tentang social institution (teori lembaga kemasyarakatan) dan teori kepemimpinan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Pada mulanya yayasan Safinatul Huda adalah berupa TPQ (Taman Pendidikan Al-Quran) yang didirikan oleh Ust. Choirul Anam dan Istrinya Rofi’ Asia pada tahun 1998 di Musholla lantai 2 dan hanya mempunyai satu murid yang kemudian berkembang menjadi besar. (2) Perkembangan yang terdapat dalam yayasan Safinatul Huda dapat terlihat dari berdirinya beberapa unit pendidikan, perbaikan dalam hal sarana dan prasarana serta bertambahnya jumlah santri. (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam yayasan Safinatul Huda terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor pendukung diantaranya tenaga pengajar serta pengelolaan sitem yang baik dan faktor penghambat misalnya berupa kurangnya tenaga pengajar dan adanya kompetisi antar lembaga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitrihafsari, Anisyaanisyahafsari09@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pesantren
Sejarah
Keywords: Sejarah; pesantren Safinatul Huda
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Fitrihafsari Anisya
Date Deposited: 09 Nov 2017 03:59
Last Modified: 09 Nov 2017 03:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21011

Actions (login required)

View Item View Item