Peran kiai dalam membentuk kemandirian ekonomi pesantren: studi kasus di pondok pesantren al-Amien Prenduan Sumenep Madura Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Supriyanto, Supriyanto (2017) Peran kiai dalam membentuk kemandirian ekonomi pesantren: studi kasus di pondok pesantren al-Amien Prenduan Sumenep Madura Jawa Timur. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (508kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (211kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (577kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (546kB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (429kB) | Preview

Abstract

Kiai sebagai pribadi yang paling bertanggungjawab bagi perjalanan pesantren tentu mempunyai andil yang besar untuk kemandirian pesantren, karena dalam struktur pondok pesantren kiai adalah pimpinan tertinggi dan mempunyai wewenang yang sangat besar. Peran kiai menjadi salah satu faktor penting dibalik penentuan arah masa depan pesantren, salah satunya termasuk dalam hal kemandirian ekonomi pesantren. Ada dua permasalahan yang ada dalam penelitian ini. Pertama, bagaimana peran kiai dalam kemandirian ekonomi pesantren. Kedua, faktor apa saja yang membentuk kemandirian ekonomi di pesantren. Adapun yang menjadi fokus lokasi dalam penelitian ini adalah pondok pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep Jawa Timur. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan motode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa: pertama, peran kiai dalam kemandirian ekonomi pesantren adalah kiai berperan sebagai pemberi ide atau gagasan, penanam saham, pemberi saran, pengontrol pengelolaan, motivator, serta pemberi keputusan dalam berbagai regulasi yang ada dalam unit usaha yang dikelola. Kedua, ada dua faktor yang membentuk kemandirian ekonomi di pesantren, yakni faktor internal dan eksternal. Faktor internal berasal dari setiap komponen yang ada dalam pesantren yang turut serta mendukung perekonomian pesantren baik secara langsung maupun tidak, seperti kiai, pengurus, asatidz, santri, dan lainnya. Sedangkan faktor eksternalnya adalah adanya dukungan dan kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat sekitar pesantren, seperti dengan menjadi konsumen dan penanam modal, serta sebagai karyawan pada unit usaha yang dimiliki pesantren.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Supriyanto, Supriyantoben.supri@gmail.comF02415105
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUlum, FahrurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Pesantren
Keywords: Peran kiai; kemandirian ekonomi
Divisions: Program Magister > Ekonomi Islam
Depositing User: Supriyanto Supriyanto
Date Deposited: 18 Oct 2017 07:59
Last Modified: 23 Oct 2019 03:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20681

Actions (login required)

View Item View Item