Pemaknaan generasi terbaik: tudi hadis Sunan Tirmidzi nomor indeks 2229

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Karimah, Lismatul (2012) Pemaknaan generasi terbaik: tudi hadis Sunan Tirmidzi nomor indeks 2229. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (617kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (61kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (81kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (701kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (962kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (97kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (148kB)

Abstract

Umat Nabi Muhammad adalah umat yang paling istimewa diantara umat yang lainnya, karena pada saat itu diturunkaimya iisalah terakhir yang kemudian berlaku untuk sepanjang zaman. Namun dengan adanya hadis tentang generasi umat terbaik ini seakan-akan umat Nabi Muhammad terdapat klasifikasi. Dari sini sehingga masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalali 1) Bagaimana kualitas sanad dan matn hadits tentang generasi terbaik dalam sunan Tirmidzi 2) Bagaimana ke-hujjah-an hadis tentang generasi terbaik dalam sunan Tirmidzi 3) Bagaimana pemaknaan hadis tentang generasi terbaik dalam sunan Tinnidzi. Tujuan penelitian ini adalah untUk mengetahui kualitas sanad dan matn hadits, ke-hujjah-an serta pemaknaan hadis tentang generasi terbaik. PeneHtian ini berslfat kepustakaan (library -research) Jadi, pengumpulan data diperoleh dengan meneliti kitab Sunan Tinnidzi dan dibantu dengan kitab standart lainnya, kemudian dianalisa dengan menggunakan metode takhrij, kritik sanad dan kritik matan. Dari proses penelitian, didapatkan basil bahwa status hadis ini adaJah shahih, mengingat semua perawi hadis ini mendapatkan penilaian terp ji dari para kritikus hadis dan sanadnya bersambung. Sedangkan dari segi matannya hadis ini juga shahih walaupun berbeda redaksi namun tidak ada kerancuan, sehingga hadis ini termasuk riwayat bi al-ma 'na dan hadis tersebut bisa dijadikan hujjah. Generasi umat terdahulu atau yang dikenal dengan salafus "shalih dalam perkembangannya disebut sebagai generasi terbaik. Generasi terbaik yang dimaksud dalam hadis ini adalah para sahabat, tabi 'in dan tabi 'it tabi 'in. generasi ini menjadi yang terbaik karena pada masa ini kemurnian agama dipegang teguh. Selain itu Pada masa ini juga menjaga agama dari segala penyimpangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Karimah, LismatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Biografi > Biografi Islam
Islam dan Humanisme
Tafsir > Tasfir Hadis
Keywords: generasi terbaik; hadis no. 2229; Sunan Tirmidzi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Sep 2017 07:52
Last Modified: 04 Sep 2017 07:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20014

Actions (login required)

View Item View Item