Membangun dari keterpencilan: soft constructivism, kesadaran aktor dan modernitas dunia pesantren di pedesaan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurhayati, Aniek (2016) Membangun dari keterpencilan: soft constructivism, kesadaran aktor dan modernitas dunia pesantren di pedesaan. Daulat Press, Jakarta. ISBN 978-602-18131-1-9

[img]
Preview
Text
Membangun dari keterpencilan.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19683

Abstract

Studi tentang pedesaan di Indonesia, sangat kaya untuk dieksplorasi, apalagi dalam kajian Ilmu-ilmu Sosial, termasuk sosiologi. Kajian sosiologi pedesaan, dalam kacamata penulis, menjadi kajian penting, mengingat sekitar 80% wilayah Indonesian adalah pedesaan. Realitas sosial pedesaan memiliki warna yang beragam dan unik, tidak saja secara sosiologis, namun juga dalam aspek antropologis, politik, ekonomi, dan lainnya. Pun ketika bertemu dengan agama Islam, daerah pedesaan, terutama yang memiki kultur Jawa yang kental, juga memiliki keunikan yang berbeda satu dengan yang lain. Kajian-kajian antropologis banyak menguak bagaimana budaya Jawa bersinggungan dengan Islam. Proses pemilihan lokasi penelitian, yaitu di Pesantren Minhajul Muna didasarkan atas beberapa pertimbangan; keunikan kasus; bahwa modernisasi melalui institusi pesantren modern dilakukan di dusun yang memiliki letak terpencil, kondisi masyarakat yang masih memegang teguh nilai-nilai tradisional Jawa, kondisi perekonomian masyarakat yang masih sangat tertinggal; dan pendidikan masyarakat yang masih rendah. Sebagai kajian sosiologi pedesaan, setting penelitian ini mencerminkan karakteristik desa yang masih menonjol. Penulis berharap buku ini bisa memberikan banyak manfaat bagi para pembaca, baik dosen, mahasiswa pascasarjana, maupun peminat Sosiologi Pedesaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Book
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurhayati, Aniek--UNSPECIFIED
Subjects: Pesantren
Keywords: Modernitas dunia pesantren
Divisions: Karya Ilmiah > Buku
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 Aug 2017 08:58
Last Modified: 08 Dec 2017 15:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/19683

Actions (login required)

View Item View Item