Terapi behavior dengan teknik aversi dalam menigkatkan kedisiplinan sholat berjamaah pada seorang santri di Pondok Pesantren Burhanul Hidayah Krembung, Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nufus, Najibatun (2017) Terapi behavior dengan teknik aversi dalam menigkatkan kedisiplinan sholat berjamaah pada seorang santri di Pondok Pesantren Burhanul Hidayah Krembung, Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (219kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (289kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (380kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (268kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (223kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian adalah (1) bagaimana proses Terapi Behavior dengan Teknik Aversi dalam Meningkatkan Kedisiplinan Sholat Berjamaah pada Seorang Santri di Pondok Pesantren Burhanul Hidayah Sidoarjo ? (2) bagaimana hasil proses Terapi Behavior dengan Teknik Aversi dalam Meningkatkan Kedisiplinan Sholat Berjamaah pada Seorang Santri di Pondok Pesantren Burhanul Hidayah Sidoarjo? Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisa data menggunakan deskriptif yaitu berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka. Disini penulis menjelaskan tentang bagaimana proses Terapi Behavior dengan Teknik Aversi dalam Meningkatkan Kedisiplinan Sholat Berjamaah pada Seorang Santri di Pondok Pesantren Burhanul Hidayah Sidoarjo yaitu salah satu siswi kelas IX yang seharusnya taat mengikuti sholat berjamaah karena sholat berjamaah adalah kewajiban bagi setiap santri. Faktor internal yaitu faktor yang timbul dari dalam dirinya sendiri dan faktor eksternal yaitu faktor yang timbul dari luar seperti kondisi lingkungan. Hasil analisis menunjukkan bahwa dalam ketidakdisiplinan kliien ini berawal dari dirinya sendiri dan juga didukung oleh faktor lingkungan yaitu temannya yang mengajak untuk tidak melakukan sholat berjamaah padahal sebelumnya klien merupakan santrii yang taat pada aturan yang ada kemudian temannya mengajak untuk tidak disiplin dan melanggar aturan maka iapun akhirnya malas untuk melakukan sholat berjamaah. Pada proses konseling dengan menggunakan terapi Behavior dengan teknik aversi, konselor hanya memberikan penguatan positif dengan alasan mencegah proses hukuman agar tidak sampai terjadi pada klien karena akan mengakibatkan klien menarik diri dari konselor. Dengan teknik aversi ini klien dapat lebih dekat dengan konselor jadi konselor dapat dengan mudah mengajak atau memberikan arahan kepada klien agar bisa disiplin dalam sholat berjamaah. Klien mengatakan bahwa dirinya ingin berubah dan meninggalkan kebiasaan buruknya.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Terapi Behavior dengan Teknik Aversi dalam Meningkatkan Kedisiplinan Sholat Berjamaah pada Seorang Santri di Pondok Pesantren Burhanul Hidayah Sidoarjo. Dan hasil akhir dari proses konseling ini dapat dikatakan cukup berhasil karena separuh dari gejala yang dialami mulai ada perubahan yang baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nufus, Najibatunnajibatunufus@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Pesantren
Salat > Salat Jama'ah
Keywords: teknik aversi; kedisiplinan sholat berjamaƔh
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nufus Najibatun
Date Deposited: 09 Aug 2017 04:31
Last Modified: 09 Aug 2017 04:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/18921

Actions (login required)

View Item View Item