Sejarah dan perkembangan berdirinya Pondok Pesantren Metal Moeslim Al Hidayah di Desa Rejoso Lor Pasuruan tahun 1992-2016

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maslakhah, Lailatul (2017) Sejarah dan perkembangan berdirinya Pondok Pesantren Metal Moeslim Al Hidayah di Desa Rejoso Lor Pasuruan tahun 1992-2016. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (219kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang sejarah pondok pesantren yang berjudul Sejarah Dan Perkembangan Berdirinya Pondok Pesantren Metal Moeslim Al-Hidayah Di Desa Rejoso Lor Pasuruan Tahun 1992-2016. Untuk mengetahui beberapa permasalahan yang terdapat dalam penelitian tersebut maka dirumuskan beberapa rumusan masalah sebagai berikut : 1) Bagaimana sejarah berdirinya Pondok Pesantren Metal Moeslim Al-hidayah di Desa Rejoso Lor Pasuruan. 2) Bagaimana perkembangan Pondok Pesantren Metal Moeslim Al-hidayah di Desa Rejoso Lor Pasuruan dari tahun 1992-2016 3) Bagaimana respon masyarakat terhadap Pondok Pesantren Metal MoeslimAl-hidayah yang berdiri tahun 1992-2016. Judul tersebut diangkat karena memiliki karakteristik pesantren yang mengikuti pola perkembangan zaman, sehingga sangat menarik untuk menjadi pembahasan. Skripsi ini menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri dari empat tahap yaitu heuristic, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan, studi lapangan atau wawancara dan studi kearsipan. Skripsi ini menggunakan pendekatan sejarah atau histories. Dengan menggunakan pendekatan ini diharapkan mampu mangungkapkan sejarah berdirinya Pondok Pesantren Metal Moeslim Al-hidayah Untuk menganalisis fakta-fakta yang berkaitan dengan masalah penelitian, skripsi ini menggunakan teori gerak sejarah menurut Ibnu Khaldun. Dari hasil penelitian skripsi ini adalah : 1) Pondok Pesantren Metal Moeslim Al-hidayah Pasuruan berdiri pada tahun 1992, dimulai dari majlis taklim yang didirikan serta diaush oleh orang tua kandung KH. Abu Bakar Khalil yakni KH. Muhammad Khalil dan Hj. Ummi Kultsum. 2) Pondok Pesantren Metal Moeslim l-hidayah mengalami perkembangan pada aspek-aspek seperti perkembangan dibidang fisik dan perkembangan di bidang non fisik. 3) Berdirinya Pondok Pesantren tersebut juga memiliki berbagai respon dari masyarakat desa Rejoso antara lain respon postif dan respon negatif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maslakhah, Lailatullacha2112@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pesantren
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Sejarah pondok; Pesantren Metal
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Maslakhah Lailatul
Date Deposited: 12 May 2017 07:52
Last Modified: 19 Sep 2017 02:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/16905

Actions (login required)

View Item View Item