Partisipasi masyarakat dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat desa: studi kasus di Desa Sekapuk Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa', Fachrun (2017) Partisipasi masyarakat dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat desa: studi kasus di Desa Sekapuk Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (244kB) | Preview

Abstract

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) adalah lembaga yang didirikan atau dibentuk oleh pemerintahan desa yang kepemilikan modal dan pengelolaannya dilakukan oleh pemerintah desa bersama dengan masyarakat desa. Pendirian BUMDes harus disertai dengan penguatan kapasitas dan dukungan penuh baik dari pemerintah desa maupun masyarakat desa. Oleh karena itu, partisipasi merupakan hal yang penting dalam kaitannya dengan program pembangunan. Selanjutnya terdapat dua rumusan masalah yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu (1) Bagaimana kontribusi BUMDes Sekapuk dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa?, dan (2) Bagaimana partisipasi masyarakat desa terhadap program BUMDes di Desa Sekapuk untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa? Adapun tujuan dari penelitian skripsi ini adalah agar mampu mengetahui bentuk kontribusi BUMDes Sekapuk terhadap kesejahteraan masyarakat desa serta partisipasi masyarakat desa terhadap program BUMDes Sekapuk. Untuk menjawab kedua persoalan tersebut, maka penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh kemudian dianalisa menggunakan teori kesejahteraan sosial dan teori partisipasi masyarakat. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) BUMDes Sekapuk telah berkontribusi dengan membantu masyarakat desa dalam hal simpan pinjam, serta mengembangkan usaha masyarakat desa, sehingga dapat dikatakan bahwa keberadaan BUMDes telah meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat desa Sekapuk. Selain itu, BUMDes Sekapuk juga memiliki fungsi sebagai fasilitator, stabilisator, dan server; (2) Partisipasi masyarakat Desa Sekapuk tergolong kedalam jenis partisipasi dalam pelaksanaan dan pemanfaatan. Sementara untuk jenis partisipasi perencanaan dan partisipasi evaluasi hanya beberapa masyarakat yang termasuk, artinya partisipasi masyarakat Desa Sekapuk dalam perencanaan dan evaluasi terlihat kurang efektif dibanding dengan partisipasi pelaksanaan dan pemanfaatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa', Fachrunfachrunnisa.fica@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Masyarakat
Keywords: BUMDes; Partisipasi Masyarakat; Kesejahteraan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Politik Islam
Depositing User: Nisa' Fachrun
Date Deposited: 12 May 2017 08:07
Last Modified: 12 May 2017 08:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/16897

Actions (login required)

View Item View Item