Perkembangan kajian tafsir di Lembaga Pendidikan Pondok Pesatren Al Fithrah: dari tahun 2012-2016 melalui pendekatan historis dan metodenya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Munawar, Imron (2017) Perkembangan kajian tafsir di Lembaga Pendidikan Pondok Pesatren Al Fithrah: dari tahun 2012-2016 melalui pendekatan historis dan metodenya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (692kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (333kB) | Preview

Abstract

Tesis ini berusaha membahas perkembangan kajian tafsir di pondok pesantren khususnya pesantren al-Fithrah, dimana peran pesantren begitu besar dalam urusan kajian ilmu agama. Begitu pula peran pesantren begitu besar dalam mencetak kader cendekiawan muslim. Dalam perkembangannya, pesantren mulai menunjukkan konsistensi dalam dunia pendidikan. Tak luput pula kajian kitab kuning pun semakin berkembang dari kitab klasik, hingga kitab kontemporer. Demikian pula kajian tafsir yang berkembang mengikuti kebutuhan, seiring perkembangan dan tuntutan zaman. Dalam pesantren kajian tafsir merupakan kajian wajib yang harus ada dan merupakan suatu ciri khas dari pesantren itu sendiri. Kitab tafsir yang dikaji pun begitu bermacam-macam, dari tafsir produk klasik hingga tafsir kontemporer. Pemilihan kitab tafsir yang dibahas tak lepas dari latar belakang pendiri pondok pesantren tersebut serta visi dan misi berdirinya ponpes tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitattif, dimana dari penelitian ini dapat mengukur perkembangan kajian tafsir. Antara lain dengan melakukan penelitian lapangan secara langsung, mengadakan wawancara yang nantinya akan dikombinasikan juga dengan penelitian librarry research. Seperti kitab apa saja yang dikaji, metode, corak dan aliran apa saja tafsir yang dikaji di Pondok pesantren al-Fithrah. Dalam perkembangan kajian tafsir tentunya juga ada kendala yang muncul, berkaitan dengan metode pembelajran, perangkat belajar mengajar, sumber daya manusia maupun yang berkaitan dengn waktu. Tentunya masalah ini juga akan mempengaruhi dari perkembangan kajian tafsir itu sendiri. Untuk itu perlu adanya penelitian lbih lanjut guna mengantisipasi serta memberi solusi untuk bisa lebih baik kedepannya. Penelitian ini tidak hanya berhenti di sini saja, tentunya akan membutuhkan banyak sumbangsih dari peneliti berikutnya. Apalagi yang berkaitan dengan perkembangan suatu kajian tafsir yang semakin lama akan semakin dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Begitu juga sebuah solusi dari peristiwa yang sudah berlalu setidaknya akan menjadi pelajaran untuk lebih meningkatkan suatu kajian tafsir. Dan pada akhirnya penulis menyarankan agar kajian tafsir di Pondok Pesantren al-Fithrah lebih dikembangkan lagi terutama dari sisi metode kajiannya, serta memberi waktu yang cukup luas untuk mengkaji kitab tafsir. Selanjutnya, diharapkan dalam kajian tafsir banyak memberi kesempatan kepada santri dan mahasiswa untuk mengeksplorasi kemampuannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Munawar, Imrononeil_awtoor@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Pesantren
Tafsir
Keywords: Tafsir; lembaga pendidikan; pesantren
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Munawar Imron Hadi
Date Deposited: 18 Apr 2017 06:48
Last Modified: 18 Apr 2017 06:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/16088

Actions (login required)

View Item View Item