PENGARUH PENERAPAN HUKUMAN TERHADAP AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL HIDAYAH KETEGAN TANGGULANGIN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fanani, M. Syueb (2000) PENGARUH PENERAPAN HUKUMAN TERHADAP AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL HIDAYAH KETEGAN TANGGULANGIN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (844kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (248kB) | Preview

Abstract

Akhlak adalah kebiasaan kehendak, sedangkan perbuatan akhlak itu sendiri merupakan perbuatan yang tertanam kuat dalam jiwa seseorang sehingga telah menjadi kepribadiannya. Untuk menuju kepribadian yang sempurna tersebut tidak semudah membalikkan tangan yang sekejab saja dapat dilakukan, namun perlu adanya latihan latihan yang berencana, dimana dalam kehidupannya serba teratur yakni sesuai dengan norma norma yang ada. Sehingga segala gerak gerik, tingkah laku dan perbuatannya tidak akan keluar dari jalur agama dan norma norma yang ada.
Hukuman yang diterapkan dipondok pesantren Al Hidayah ketegan tanggulangin sidoarjo adalah tergolong baik, hal ini dibuktikan dengan angket dengan hasil rata rata 84,4% dan jika dikonsultasikan maka hasil test tersebut tergolong baik. Akhlak santri Al Hidayah adalah tergolong cukup, hal ini dibuktikan dengan hasil nilai angket yang menunjukkan hasil rata rata 74,4% dan bila dikonsultasikan tergolong cukup. Ada pengaruh signifikan penerapan terhadap akhlak santri dipondok pesantren Al Hidayah terbukti dengan adanya hasil analisis data statistik "r" product moment yang diperoleh sebesar 0, 550 dan jika dikonsultasikan dengan harga kritik "r" product moment pada tabel pada taraf signifikansi 5% maupun 1% maka "r" product moment pada tabel, sehingga hipotesis nihil ( Ho) ditolak dan hipotesis kerja ( Ha) di terima. Jadi ada pengaruh penerapan hukum pada santri pondok pesantren Al Hidayah.
Tingkat pengaruh hukum terhadap akhlak santri pondok pesantren al hidayah adalah sedang atau cukup. Hal ini dibuktikan dengan adanya hasil analisis statistik product moment yaitu sebesar 0,55 yang apabila di interprestasikan dengan standart yang di berikan oleh Anas Sudibyo yaitu apabila besarnya rxy = 0,40 – 0,70 maka pengaruh tersebut tergolong sedang atau cukup.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fanani, M. SyuebUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Pesantren
Keywords: Hukuman; Akhlak; Santri; Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Dec 2016 02:28
Last Modified: 14 Dec 2016 02:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14611

Actions (login required)

View Item View Item