Usaha santri dalam menghafal Al Quran di PP. Tahfidzil Quran Al Hikmah Purwoasri Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hayati, Alfin (1999) Usaha santri dalam menghafal Al Quran di PP. Tahfidzil Quran Al Hikmah Purwoasri Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (858kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (810kB) | Preview

Abstract

Al Qur'an merupakan kitab samawi yang telah diturunkan oleh Allah kepada Nabi terakhir pilihannya Muhammad Saw untuk menjadi penerang, petunjuk dan rahmad yang kekal nan abadi sampai hari berbangkit sekaligus menjadi bukti kebenaran risalah dan rasulnya, sebagai mu'jizat yang tiada taranya. Dimana mu'jizat mu'jizat sebelunya itu sirna di telan masa, musna digilas putaranroda zaman, terkubur bersama wafatnya para rasul pembawanya, tetapi al qur'an tetap tegak memancarkan nur illahi keseluruhan penjuru bumi. Walaupun sang panutan Rasulullah Saw telah wafat. Oleh karena itu kita sebagai seorang mukmin yang bertanggung jawab kita harus selalu menjaga, memelihara dan melestarikan terhadap ajaran ajaran agama yang mana ajaran tersebut sebagai pedoman hidup kaum muslimin. Dan diantara salah satu cara melestarikan al qur'an adalah menghafalkannya.
Pembahasan yang akan dibahas disini adalah 1). Usaha apa yang dilakukan santri dalam menghafal al qur'an? 2). Faktor faktor apa yang mendukung dalam menghafal al Qur'an?
Pada pembahasan ini digunakan dua jenis data yaitu kwalitatif dan data kwantitatif. Data kwalitatif yaitu yaitu data yang diukur secara tidak langsung yang meliputi sejarah pondok pesantren, sistem mengajar pondok pesantren, faktor faktor yang mendukung dalam menghafal al qur'an, data data lain yang tidak berupa angka. Data kwantitatif adalah data yang dapat diukur atau dihitung secara langsung. Dengan kata lain data kwantitatif adalah data yang berupa angka yang meliputi jumlah santri, ustdz dan karyawan. Jumlah sarana dan prasarana. Hasil angket dan data yang berupa angka lainnya.
Kesimpulan dari pembahasan ini adalah 1). Bahwa para santri tahfidzul qur'an al hikmah dalam menghafal al qur'an dengan melakukan berbagai macam usaha yang sekiranya dapat membantu mempermudah menghafalnya. a). Cara yang digunakan untuk mempermudah menghafal dengan menggunakan metode wahdah, metode sima'i, metode jama'. b). Adapun strategi yang di gunakan dengan strategi pengukangan ganda, tidak beralih pada ayat berikutnya sebelum ayat yang dihafal benar benar hafal, menghafal urutan urutan ayat yang dihafalkannya, mengunakan satu jenis mushaf, memahami ayat yang dihafal, memperhatikan ayat ayat yang serupa, disetorkan pada seorang pengampu. c). Membuat target hafalan 2). Faktor faktor yang mendukung santri dalam menghafal al qur'an yaitu a). Faktor Intern yang meliputi kesiapan pribadi santri, usia yang cocok, pengaturan waktu, tempat menghafal b). Faktor Ekstern yang berasal dari luar diri santri yang meliputi faktor pendukung dari keluarga, pondok dan masyarakat dan teman bergaul.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hayati, Alfin-D01394233
Subjects: Pesantren
Al Qur'an
Keywords: Santri; Al Qur'an; Pondok Pesantren; Tahfidz
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Nov 2016 02:44
Last Modified: 28 Sep 2021 13:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14334

Actions (login required)

View Item View Item