UPAYA PONDOK PESANTREN WALI SONGO NGABAR PONOROGO DALAM PENINGKATAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ernawati, Ernawati (2000) UPAYA PONDOK PESANTREN WALI SONGO NGABAR PONOROGO DALAM PENINGKATAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (862kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (904kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hakekat pembangunan nasional adalah pembangunan manusia indonesia seutuhnya dan pembangunan bagi seluruh bangsa indonesia. Oleh sebab itu, kunci dalam upaya pembangunan negara indonesia adalah menjadikan kualitas manusia indonesia selalu meningkat dari waktu ke waktu, menuju manusia berkualitas ideal. Agar tujuan tersebut dapat terlaksana dengan baik maka peranan pendidikan sangat penting sekali, oleh sebab itu tujuan program pendidikan nasional harus sesuai dengan tujuan pembangunan nasional. Untuk merealisasikan tujuan pendidikan nasional tersebut maka pihak pemerintah maupun pihak swasta telah banyak mendirikan lembaga lembaga pendidikan baik yang bersifat formal maupun non formal. Salah satu dari lembaga pendidikan non formal tersebut adalah lembaga pendidikan islam, pondok pesantren yang merupakan lembaga pendidikan islam tertua di indonesia.
Rumusan masalah yang akan di bahas adalah sebagai berikut 1). Bagaimanakah sisten pendidikan yang dilaksanakan di tarbiyatul mu'alimat pondok pesantren wali songo ngabar ponorogo? 2). Faktor faktor apa yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan di tarbiyatul mu'alimat pondok pesantren wali songo ngabar ponorogo dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia? 3). Bagaimanakah peranan tarbiyatul mu'alimat pondok pesantren wali songo ngabar ponorogo dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia?
Pada pembahasan ini mengunakan metode kualitatif deskriptis, penelitian ini merupakan alat pengumpulan data utama dengan menggunakan tekhnik observasi, wawancara dan dokumenter. Sedangkan data yang terhimpun dianalisis secara induktif dan ditafsirkan secara kwalitatif deskriptif. Agar penelitaian ini benar dan dipercaya maka peneliti berusaha melakukan pengecekan ulang terhadap kebenaran informasi yang diperoleh dengan subyek /mengkonfirmasikan dengan beberapa pihak yang terkait dengan penelitian.
Pada pembahasan ini dapat disimpulkan bahwa sistem pendidikan di tarbiyatul mu'alimat adalah mengikuti kurikulum yang dicanangkan oleh departemen agama yaitu yang berlaku pada sekolah tingkat pertama dan tingkat menengah atas dan memadukan dengan kurikulum gontor yang ditempuh selama 6 tahun bagi lulusan MI/SD dan 4 tahun bagi lulusan SLTP. Faktor faktor yang mendorong pelaksanaan pendidikan di tarbiyatul muallimat dalam usaha meningkatkan sumber daya santri diantaranya adalah kesabaran dan ketabahan serta kesabaran para tenaga pengajar, kesadaran para santri, lokasi pendidikan yang menyatu, dukungan orang tua santri, sarana dan prasarana yang memadai, kegiatan yang bermanfaat serta penguasaan bahasa asing.
Peranan tarbiyatul muallimat pondok pesantren wali songo dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya santrinya banyak terkait dengan program pendidikan dan kegiatannya baik melalui jalur sekolah atau luar sekolah. Dalam rangka meningkatkan kualitas keimanan para santrinya yaitu dengan memberi mata pelajaran ketauhidan dan didukung dengan situasi kehidupan pondok pesantren yang diwarnai dengan kegiatan ibadah seperti shalat jama'ah, puasa dan kegiatan keagamaan lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ernawati, ErnawatiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pesantren
Keywords: Pondok Pesantren; Sumber Daya Manusia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Nov 2016 04:28
Last Modified: 17 Nov 2016 04:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14313

Actions (login required)

View Item View Item